DEFORMASI HORIZONTAL STRUKTUR BETON BERTULANG BERTINGKAT RENDAH DENGAN MENGGUNAKAN DINDING BATA RINGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizkia Putri
Eka Juliafad

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 09 Pasaman merupakan sekolah dasar yang dibangun pada tahun 1973 dan memiliki 3 gedung utama yaitu gedung A, B dan C. Khusus gedung B sendiri dibangun pada tahun 2019, dimana gedung tersebut mengalami banyak kerusakan non-struktural pasca gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat. Gempa bumi ini terjadi pada tanggal 25 Februari 2022 yang berkekuatan 6,2 SR dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung deformasi horizontal pada struktur beton bertulang arah x dan y pada Gedung Sekolah dengan menngunakan dinding bata ringan. Deformasi horizontal mengacu pada perpindahan atau pergeseran relatif dalam struktur akibat beban yang diterima. Deformasi struktur bertujuan untuk mengetahui respons struktur terhadap beban yang bekerja pada Gedung Sekolah, sehingga gedung dapat tetap berfungsi dan aman saat terjadi gempa atau situasi darurat lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai displacement arah x dan y menghasilkan respons perpindahan yang berbeda pada kedua arah tersebut. Nilai displacement tertinggi tercatat sebesar 2,646 mm pada arah x dan 10,05 mm pada arah y. Berdasarkan perhitungan simpangan antar tingkat, semua lantai dalam Gedung Sekolah memenuhi batas kriteria penerimaan yang diizinkan. Nilai simpangan antar lantai terbesar sebesar 52,27 mm tidak melebihi nilai ambang batas yang disyaratkan. Gedung Sekolah telah dirancang dengan mempertimbangkan pengendalian simpangan antar lantai sesuai dengan persyaratan standar yang berlaku. Pengendalian simpangan antar lantai yang baik berkontribusi pada kenyamanan dan keselamatan siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, R., & Juliafad, E. (2024). DEFORMASI HORIZONTAL STRUKTUR BETON BERTULANG BERTINGKAT RENDAH DENGAN MENGGUNAKAN DINDING BATA RINGAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(1), 40-48. https://doi.org/10.24036/asce.v5i1.100283