ANALISIS KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 34 TAHUN 2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Al Ichsan
Fani Keprila Prima

Abstract

Ketersediaan sarana dan prasarana praktikum yang lengkap tentu dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar mengajar. Hal ini juga mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Permasalahan pada ruang praktik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan ditemukannya beberapa komputer dalam kondisi baik tetapi tidak di operasikan sebaik mungkin karena software gambar yang digunakan dalam belajar belum terupdate dan belum terinstal pada komputer, dan juga ditemukannya jumlah siswa dengan jumlah komputer yang tidak merata pada ruang praktik, sehingga dalam satu komputer terdapat dua siswa yang bekerja secara bergantian. Pada ruang praktik Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan ruang praktik Teknik dan Bisnis Sepeda Motor tidak ditemukannya kursi kerja praktik pada saat melakukan praktik diruangan praktik. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi keberlangsungan proses siswa selama melaksanakan pembelajaran di ruang praktik. Jenis penelitian termasuk ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis perbandingan antara luas standar dan luas aktual ruang praktik di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan, dapat disimpulkan bahwa luas ruang praktik tersebut sudah memenuhi standar yang ditetapkan, Dari hasil analisis persentase ketercapaian jumlah peralatan secara keseluruhan peralatan ruang praktik SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan belum memenuhi standar. Kesimpulan dari perbandingan ini adalah bahwa persentase ketercapaian luas area ruang kerja di sekolah tersebut sudah memenuhi standar yang ditetapkan. Namun, Secara keseluruhan persentase ketercapaian peralatan pada ruang praktik di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan masih di bawah rata-rata, menunjukkan bahwa fasilitas tersebut masih kurang memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ichsan, M., & Prima, F. (2024). ANALISIS KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 34 TAHUN 2018. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(1), 88-94. https://doi.org/10.24036/asce.v5i1.100583

References

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications.
Given, L. M. (2008). The Sage encyclopedia of qualitative research methods. Thousand Oaks: Sage.
Indonesia, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Peraturan Menteri. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor.34 Tahun 2018 Tentang Standar Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
Pribadhini, V. N. (2015). Studi Kelayakan Ruang dan Peralatan Bengkel Kerja Kayu Program Keahlian Konstruksi Kayu di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.