KARAKTERISTIK PAPAN PARTIKEL BERBAHAN LIMBAH ECO-FRIENDLY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Egi Deliar Safitri
Ari Syaiful Rahman Arifin

Abstract

Abstrak: Perkembangan dunia furnitur di dunia interior pada saat ini semakin beragam dan bervariasi, terlebih pada material berbahan dasar kayu yang memberikan kesan lebih homey dan hangat. Kayu  merupakan salah satu bahan bangunan dan furnitur yang paling diminati. Sayangnya persediaan kayu semakin menipis. Bahan kayu yang diperoleh dengan melakukan pengerusakan hutan secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pohon dan menyebabkan perubahan iklim secara global. Dalam rangka menjaga lingkungan dan mengendalikan jumlah pohon, namun dapat tetap berkarya menciptakan produk furnitur yang ramah lingkungan, maka perlu diciptakan bahan baku yang mengurangi penggunaan kayu dengan jumlah besar. Salah satu solusinya adalah partikelboard. Partikelboard merupakan jenis plywood yang tersusun dari material kasar sisa pengetaman kayu solid, yang biasanya digunakan sebagai material pembuatan furnitur meja, lemari, rak, dan sebagainya. Peneliti berencana menciptakan material Partikelboard dengan bahan campuran lainnya yang eco-friendly, seperti sekam padi. Adapun tujuan penelitian bangunan dan workshop konstruksi kayu, yang berfokus kepada pembuatan material partikelboard berbahan eco-friendly, lalu melakukan beberapa jenis pengujian, yaitu pengujian kerapata, kadar air, pengembangan tebal dan daya serap air. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di laboratorium bahan bangunan dan workshop konstruksi kayu, yang berfokus kepada pembuatan material partikelboard berbahan eco-friendly.


Kata Kunci: Particle Board, Eco-Friendly, Produk Furnitur, Sekam

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Safitri, E., & Arifin, A. S. (2024). KARAKTERISTIK PAPAN PARTIKEL BERBAHAN LIMBAH ECO-FRIENDLY. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(1), 28-33. https://doi.org/10.24036/asce.v5i1.100883

References

[1] Ervil, Riko & Ulil Muslimin. 2017. Percobaan Pembuatan Partikel Board Dengan Menggunakan Limbah Pengolahan Kulit Kayu Manis. Journal sintax. Sains dan Teknologi. E-ISSN : 2615-2827, P-ISSN : 1412-5455
[2] Wibowo, Hary, dkk. 2008. Pengaruh Kepadatan dan Ketebalan terhadap Sifat Isolator Panas Papan Particle Sekam Padi. Journal Teknologi. Vol. 1, No. 2
[3] Nurhihal, Mohammad. 2018. Karakteristik Papan Partikel Sekam Padi Variasi Campuran Dedak (Sekam Padi Giling) Dan Rasio Kompaksi. Jounal. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK). E-ISSN : 2541-2361, P-ISSN : 2541-3058
[4] Fitryana, Fegi. 2020. Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Sebagai Bahan Baku Pembuatan Papan Partikel. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
[5] Pardosi, Folmer dkk. 2012. Karakteristik Papan Partikel Berbahan Sekam Padi dengan Penambahan Parafin. Jurnal Teknik Pertanian Sriwijaya. Vol. 1, No. 1.
[6] Rusianto, Toto & Ellyawan SA. 2009. Karakterisasi Papan Partikel dari Sekam Padi. Journal. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta. Vol. 9. No.1.
[7] Fauziah, dkk. 2014. Analisis Sifat Fisik dan Mekanik Papan Partikel Berbahan Dasar Sekam Padi. Journal. POSITRON. Vol. IV, No.1.
[8] Dewandono, Gorby Lawuanto. 2018. Peningkatan nilai material limbah sekam padi dengan serat bambu sebagai bahan penyusun papan partikel. Journal Universitas Indonesia Library.
[9] Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.