PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TKP DAN DPIB SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pelnellitian ini adalah pelnellitian delskriptif kuantitatif. Pelnellitian ini belrtujuan untuk melngeltahui Pelngaruh Manajelmeln Pelmbellajaran Full Day School Telrhadap Hasil Bellajar Siswa. Data pelnellitian yang digunakan belrupa data primer dan data sekunder. Pengumpulan data pada pelnellitian ini melnggunakan kuisioner berupa angket. Subjek dari penellitian ini adalah siswa jurusan Teknik Konstruksi Perumahan (TKP) dan siswa jurusan Desain Pemoldelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Nelgelri 1 Sumatelra Barat yang berjumlah 124 olrang siswa (kellas X, kellas XI, kellas XII). Dalam penellitian ini penelliti menggunakan skala likert untuk instrumen angkelt, dan pengujian menggunakan analisis kuantitatif, analisis regresi linelar, dan analisis koelfisien determinasi dengan bantuan SPSS 22. Hasil pelnellitian yang didapatkan melnunjukkan bahwa full day schololl berpengaruh negatif atau berpengaruh kurang baik telrhadap hasil belajar siswa. Kelsimpulan ini dibuktikan dengan menggunakan uji t yang melnunjukkan hasil t hitung sebesar 4,023 > t tabel (1,98) dan signifikansinya 0,023 < 0,05 yang belrarti Manajemeln Pembelajaran Full Day School dalam pelnellitian ini berpengaruh negatif terhadap hasil bellajar siswa jurusan Telknik Konstruksi Perumahan dan siswa jurusan Desain Pemoldelan Informasi Bangunan. Dalam uji koelfisien determinasi juga didapatkan hasil data full day school berpengaruh kuat telrhadap hasil belajar siswa yaitu selbelsar 73,6% sedangkan sisanya 26,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelliti oleh penulis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arikuntol, S. (2010). Prolseldur Pelnellitian Suatu Pelndelkatan Praktelk. Rinelka Cipta.
Arikuntol, S. (2011). Prolseldur pelnellitian: suatu pelndelkatan praktik. Rinelka Cipta.
Arikuntol, S. (2016). Prolsels Pelnellitian Suatu Pelndelkatan (13th eld.).
Barselli, M., & Ifdil Ifdil & Nikmarijal Nikmarijal. (2017). Kolnselp Strels Akadelmik Siswa. Jurnal Kolnselling Dan Pelndidikan, 5(3), 143–148. strels akadelmik, siswa.
Delvy, Y. K., Sutajaya, I. M., & Citrawathi, D. M. (2020). Pellaksanaan Full Day Schololl di SMA Nelgelri 4 Singaraja Melningkatkan Kellellahan dan Kelbolsanan selrta Kolntribusinya telrhadap Prelstasi Bellajar Siswa Kellas XI MIPA. Jurnal Pelndidikan Biollolgi Undiksa, 7(1), 33–42.
Dr.Muhammad Ramadhan, S.Pd., M. M. (2021). Meltoldel Pelnellitian (A. A. Elffelndy (eld.); 1st eld.).
Felstiawan, R. (2020). Bellajar dan pelndelkatan pelmbellajaran. Univelrsitas Jelndelral Soleldirman, 2((1)), 1–17.
Gelmnaflel, M., & Batlollolna, J. R. (2021). Manajelmeln Pelmbellajaran. Jurnal Pelndidikan Prolfelsi Guru Indolnelsia (Jppgi), 1(1), 28–42.
Gholzali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarieltel Delngan Prolgram IBM SPSS 23. (8th eld.). Univ. Dipolnelgolrol Prelss.
Hardani. (2020). Buku Meltoldel Pelnellitian Kualitatif dan Kualitatif. In Cv. Pustaka Ilmu Grolup (Issuel April).
Kristantol, V. H. (2018). Meltoldollolgi Pelnellitian Peldolman Pelnulisan Karya Tulis Ilmiah. Delelpublish.
Kurniawati. (2017). Pelngaruh Full Day Schololl Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Pada Mata Pellajaran Fiqih. Dipolnelgolrol Jolurnal olf Accolunting, 2(1), 2–6.
Mardizal, J., & Jalinus, N. (2023). Manajelmeln dan Kelpelmimpinan Kelpala Selkollah Keljuruan.
Mayasari, F. D. (2017). Pelngaruh Kolnselntrasi Bellajar dan Moltivasi Bellajar Telrhadap Hasil Bellajar Siswa di SMK Nelgelri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Delngan Olrang Tua Asuh). Univelrsitas Tanjung Pura, (2)(38), 3–11.
Nolelr, M. Z., & Ramadhan, A. (2019). Sub Sistelm Pelnelrimaan Pelselrta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Mjps 3 Kolta Tasikmalaya. Jurnal Telknik Infolrmatika, 7(1), 41–50.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Meldia Pelmbellajaran dan Hasil Bellajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Rahman, S. (2021). Pelntingnya Moltivasi Bellajar Dalam Melningkatkan Hasil Bellajar. Melrdelka Bellajar, Nolvelmbelr, 289–302.
Seltyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kelbijakan Pelndidikan Full Day Schololl di Indolnelsia. Jurnal Pelndidikan, 30(3), 369.
Seltyolrini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Meldia Pelmbellajaran, Fasilitas Dan Lingkungan Bellajar Telrhadap Hasil Bellajar Sellama Pandelmi Colvid-19. Jurnal PROlFIT Kajian Pelndidikan Elkolnolmi Dan Ilmu Elkolnolmi, 8(1), 19–29.
Slameltol. (2010). Bellajar dan Faktolr faktolr yang melmpelngaruhinya. PT.Rinelka Cipta.
Sugiyolnol. (2003). Statistika Untuk Pelnellitian. CV ALFABElTA.
Sugiyolnol. (2011). Meltoldel Pelnellitian kuantitatif kualitatif dan R&D. CV ALFABElTA.
Sugiyolnol. (2017). Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV ALFABElTA.
Sugiyolnol. (2018). Meltoldel pelnellitian kuantitatif (Celt. 1). Alfabelta.
Suja’i, A. (2018). Inolvasi Pelndidikan Full Day Schololl. Jurnal Al-Fikrah, 1(1), 75–94.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pelndidikan Indolnelsia. 2(4(1)), 29–39.
Susantol, J. (2023). Aktualisasi Manajelmeln Full Day Schololl (I. Satibi (eld.); 1st eld.). PT Arr Rad Pratama.
Wardana & Ahdar Djamaluddin. (2021). Bellajar dan Pelmbellajaran Telolri, Delsain, Moldell Pelmbellajaran dan Prelstasi Bellajar (A. Djamaluddin (eld.)). Cv. Kaaffah Lelarning Celntelr.