PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN FIELD CAMP PADA MATA KULIAH SURVEI DAN PEMETAAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan pendidikan yang umum pada saat ini adalah bagaimana dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan, baik itu kualitas pada tenaga pendidik atau dosen dan metode mengajar yang digunakan. Menanggapi tuntutan tersebut sebagai pendidik harus bisa melakukan inovasi dalam pendidikan. kelompok bidang keahlian (KBK) Survei dan Pemetaan sudah menerapkan suatu program tambahan pada perkuliahan survei dan pemetaan. Program yang sudah diterapkan adalah perkuliahan field camp. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan field camp pada Mata kuliah survei dan pemetaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Kuesioner disusun dengan mengembangkan komponen-komponen yang terdapat di dalam konsep perkuliahan field camp, dan tiap item menggunakan skala likert lima poin. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 80 mahasiswa yang sudah mengikuti perkuliahan field camp. Hasil dari penelitian berdasarkan kuesioner yang mengukur persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan field camp, dari indikator pengetahuan mahasiswa tentang perkuliahan field camp didapatkan persentase sebesar 95% termasuk kategori sangat baik, indikator tingkat partisipasi mahasiswa didapatkan persentase sebesar 93% termasuk kategori sangat baik, indikator tingkat kepuasan mahasiswa didapatkan persentase sebesar 91% termasuk kategori sangat baik, dan indikator pendekatan dalam menilai mahasiswa didapatkan persentase sebesar 92% termasuk kategori sangat baik. Kemudian hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa pesepsi mahasiswa terhadap perkuliahan field camp adalah sangat baik (93%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Behrendt, M., & Franklin, T. (2014). A Review of Research on School Field Trips and Their Value in Education. International Journal of Environmental and Science Education, 9(3), 235–245.
Bolung, R. V., Moniharapon, S., & G Lumintang, G. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bpmpd Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1838–1847.
Rahmah, S. (2018). Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2).
Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).