EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH PILIHAN KONSEP DAN APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 TEKNIK SIPIL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Salah satu bentuk berkembangnya teknologi di bidang industri konstruksi adalah Building Information Modelling (BIM). Saat ini, Departemen Teknik Sipil di Universitas Negeri Padang telah memulai pengenalan terhadap BIM dengan memasukkannya sebagai salah satu mata kuliah pilihan. Tujuan utama dari memasukkan BIM dalam kurikulum pendidikan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para mahasiswa terhadap berbagai aspek pemanfaatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Building Information Modelling (BIM) pada Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil. Untuk mencapai efektivitas pembelajaran dari mata kuliah pilihan Konsep dan Aplikasi Building Information Modelling (BIM), capaian pembelajaran dari mata kuliah tersebut harus tercapai dengan maksimal. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden pada penelitian ini ada lima orang yang terdiri dari dua dosen yang mengampu Mata Kuliah Konsep dan Aplikasi Building Information Modelling (BIM), dua dosen yang mengetahui BIM, dan satu teknisi laboratorium komputer di Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Building Information Modelling (BIM) pada Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil belum berjalan efektif karena capaian mata kuliah yang telah disusun dalam RPS belum tercapai secara keseluruhan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.