TINJAUAN EFEKTIVITAS RUTE PADA BEBERAPA TITIK KONFLIK ARUS LALU LINTAS DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGGUNAKAN TEKNIK STATED PREFERENCE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Resa Maulya Siska
Oktaviani Oktaviani

Abstract

Jalan di Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan jalan yang digunakan bagi mahasiswa untuk mencapai tempat perkuliahan bahkan menjadi jalan alternatif bagi masyarakat yang berada di sekitar kampus untuk memperpendek jarak  perjalanan menuju tujuan. Terdapat  empat akses masuk ke UNP yang terhubung dengan jalan utama. Kondisi tersebut menyebabkan banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang mengakibatkan terganggunya lalu lintas yang ada di UNP, namun penempatan rambu dan rute arah perjalanan sudah diatur penempatannya oleh pihak UNP penempatan tersebut tidak menggunakan standar atau pedoman-pedoman tentang aturan rambu-rambu lalu lintas, dan pada penerapannya pengguna jalan di kawasan UNP tidak mengikuti rambu dan rute arah perjalanan tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik stated preference dan metode analisis Regresi Binary Logistik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase pengguna jalan di UNP mengikuti rute yang telah ditetapkan dan  faktor-faktor pengguna jalan dalam pemilihan rute perjalanan di UNP. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna jalan di beberapa titik konflik yang terdapat di kawasan UNP. Penentuan sampel berdasarkan populasi dilakukan dengan metode Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner yang dikumpulkan hanya 10% pengguna jalan di UNP yang mengikuti rambu-rambu dan rute arah perjalanan di kawasan UNP dan hasil analisis diperoleh 3 variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan dalam pemilihan rute oleh pengguna jalan di UNP  yaitu waktu perjalanan (X1), jarak perjalanan (X2)  dan keamanan jalan (X3) dengan nilai signifikannya berturut-turut sebesar (0,017), (0,018),  (0,111).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Siska, R., & Oktaviani, O. (2024). TINJAUAN EFEKTIVITAS RUTE PADA BEBERAPA TITIK KONFLIK ARUS LALU LINTAS DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGGUNAKAN TEKNIK STATED PREFERENCE. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(1), 77-82. https://doi.org/10.24036/asce.v5i1.103183

References

Bimantara, dkk. 2022. Analisis Model Pemilihan Rute Jalan (Route Choice) Pengemudi Truk Antara Jalan Tol Pejangan-Pemalang dengan Non Tol Jalan Pantura. Jawa Barat: Politeknik Transportasi Darat
Budiman, dkk. 2021. Analisis Pemilihan Rute Perjalanan Rangkasibitung-Serang Terhadap Jalan Tol Serang Panimbang. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Departemen Perhubungan. 1996. Pedoman Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek dan Teratur. Jakarta: Direktorat Jendral Perhubungan Darat
Haryamuti, dkk. 2017. Kajian Variabel Pemilihan Rute Berdasarkan Pengguna Jalan Dengan Teknik State Preference. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Junita. 2019. Analisa Pemilihan Rute Pusat Kota Menuju Bandara Internasional Minangkabau Dengan Teknik Stated Preference. Padang: Universitas Andalas
Nughroho, Arya, dkk. 2018. Penentuan Trayek Jaringan Angkutan Umum di Pontianak Metropolitan Area berbasis BRT (Bus Rapid Transit). Jurnal Teknik Sipil, 5, 2.
Nugroho, Agus. 2016. Rambu, Marka dan Delineasi. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Pribadi, Endang. 2019. Kecelakaan Di Lingkungan Kampus UNP. Youtube: Youtube. https://www.youtube.com./watch?v=d12cCZo_HgU
Siska. 2021. Simulasi dan Opsi Penataan Rute di Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang