POTENSI PEMANFAATAN BITUMEN COLD MIX DAN POTONGAN SERAT BAN SEBAGAI BAHAN STABILISASI TERHADAP KARAKTERISTIK KUAT GESER TANAH LEMPUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dhevi Mulyanda

Abstract

Tanah lempung memiliki sifat sangat kohesi, kadar kembang susut yang tinggi, dan proses konsolidasi yang sangat lambat. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memperbaiki kondisi tanah sebelum dilakukan proses konstruksi dengan cara stabilisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan potongan serat ban dan bitumen cold mix terhadap perubahan nilai kuat geser tanah yang meliputi nilai kohesi, sudut geser dan kuat geser dengan uji Triaxial Unconsolidated Undrained. Untuk melihat pengaruh penambahan bahan stabilisasi tersebut, dilakukan penelitian di laboratorium dengan membuat benda uji sebanyak 48 buah dengan 4  variasi kadar potongan serat ban (0%, 1%, 1,5%, dan 2%) dan 4 variasi kadar bitumen cold mix jenis emulsi (0%, 1%, 2%, dan 3%). Dari hasil pengujian diperoleh bahwa penambahan bitumen dan potongan serat ban dalam komposisi campuran tanah memberikan pengaruh berupa  kenaikan parameter kuat geser tanah. Nilai kohesi  tanah maksimum terjadi pada persentase 1% penambahan potongan serat ban dan 2% bitumen (T99B2SB1) dengan nilai kohesi sebesar 0.61 kg/cm2 . Sementara itu nilai sudut gesek maksimum terjadi pada penambahan 1.5% potongan serat ban dan 1% bitumen (T98.5B1SB1.5) dengan nilai sebesar 7.43o. Kuat geser sebagai fungsi penjumlahan kohesi dan sudut gesek juga mengalami peningkatan dengan nilai optimum kuat geser tanah berada pada persentase 2% bitumen dan 1% potongan serat ban (T99B1SB1) dengan nilai sebesar 0.995 kg/cm2. Hasil ini menunjukkan bahwa material stabilisasi yang digunakan pada penelitian dapat menjadi alternatif bahan campuran stabilisasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mulyanda, D. (2023). POTENSI PEMANFAATAN BITUMEN COLD MIX DAN POTONGAN SERAT BAN SEBAGAI BAHAN STABILISASI TERHADAP KARAKTERISTIK KUAT GESER TANAH LEMPUNG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 651-657. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.104283

References

[1] I. A. Nomleni, R. H. Dananjaya and Y. M. Purwana, "Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Variasi Penambahan Potongan Limbah Ban, Semen dan Faktor Air Semen Ditinjau dari Pengujian Kuat Tekan Tak Terkekang Yang Dianalisis Dengan Analisis Sensitivitas," e-Jurnal Matriks Teknik Sipil, pp. 151-158, 2019.


[2] H. Afrin, "A Review on Different Types Soil Stabilization Techniques," International Journal of Transportation Engineering and Technology, pp. 19-24, 2017.


[3] ETRMA, "End of life tyres: A valuable resource with growing," Brussels, 2011 edition.


[4] Martini, I. Fadliah and B. Biru, "Kajian Perilaku Kuat Geser Tanah Terhadap Penambahan Serat Karung," Rekonstruksi Tadulako, vol. Vol 4(1), no. Maret , pp. 9-15, 2023.


[5] M. Sakr and A. Basha, "Uses of Waste Tires in Geotechnical Application - A Review," in International Conference on Advances in Structural and Geotechnical Engineering, Hurghada, Egypt, 2019.


[6] S. Jain and B. Singh, "Cold Mix Asphalt: An Overview," Journal of Cleaner Production, 2020.

[7] P. R. Jain and T. Namdeo, "Stabilization of Sandy Soil With Use of Bitumen Emulsion," International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET) , vol. 05, no. Issue 04, pp. 2997-3003, 2018.

[8] V. Kumar and R. Bansai, "An Experimental Study on the Behaviour of a Sandy Soil by using Cutback Bitumen," International Journal of Multidisciplinary and Current Research , vol. Vol 5, no. Sep/Oct 2017 , pp. 1134-1137, 2017.

[9] O. M. Ogundipe, "Strength And Compaction Characteristics Of Bitumen - Stabilized Granular Soil," International Journal of Scientific & Technology Research, vol. Volume 3, no. Issue 9 September 2014, pp. 218 - 221, 2014.

[10] S. Bano and D. S. A. Ahmad, "Application of Waste Tyre in Highway Pavement:," Journal of Civil Engineering and Environmental Technology, vol. Volume 5, no. Issue 8, pp. 556-552, October - December 2018.

[11] P. Bosscher, T. Edil and E. N, "Construction and Performance of Shredded Waste Tire Test Embankment," Journal of Transportation Research Record, pp. 44-52, 1993.