STUDI LITERATUR : PERENCANAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI WORKSHOP KONSTRUKSI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL FT UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Putri Zikvia Utami
Fitra Rifwan

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan aspek penting yang harus diperhatikan di setiap lingkungan kerja, tidak terlepas pada Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil FT UNP. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan tujuan untuk merencanakan Standard Operational Procedure (SOP) berdasarkan analisis metode HIRARC (Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, dan Pengendalian Risiko). Pada penelitian ini menggunakan metode literature review yang melibatkan beberapa sumber yang memiliki topik yang sama atau berkaitan dengan topik penelitian. Hasil dari beberapa studi terdahulu menunjukkan bahwa Workshop Konstruksi memiliki berbagai potensi bahaya baik bagi manusia, alat, bahan, dan lingkungan. Selain kurangnya ketersediaan alat pelindung diri (APD) dan rambu mengenai K3, upaya administrasi lainnya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja berupa penyusunan SOP K3. Hasil literatur ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam penyusunan SOP K3 yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil FT UNP. Dengan adanya SOP K3 yang terstruktur dan diterapkan dengan baik, diharapkan dapat tercipta budaya keselamatan dan kesehatan kerja yang tinggi, serta lingkungan kerja yang aman, sehat dan meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja di lingkungan akademik Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil FT UNP.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utami, P., & Rifwan, F. (2024). STUDI LITERATUR : PERENCANAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI WORKSHOP KONSTRUKSI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL FT UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(2), 241-145. https://doi.org/10.24036/asce.v5i2.107683

References

Australian Standard/New Zealand. 2004. Handbook Risk Management Companion To AS/ NZS 4360:2004 Sydney and Wellington: Author
Azzahro, Eqia Arum et al. (2021). “Two Tobacco Retailer Programmers in Banyuwangi, Indonesia: A Qualitative Study. “ Tobacco Control 30 (el): e50 LP-e55. http://tobaccocontrol.bmj.com/content/30/el/e50.abstract.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). (2024). Kecelakaan Kerja Makin Marak dalam Lima Tahun Terakhir. Diakses pada 20 Januari 2024 dari https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/28681/Kecelakaan-Kerja-Makin-Marak-dalam-Lima-Tahun-Terakhir
International Labour Organization. 2013. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sarana Untuk Produktivitas. Jakarta: ILO.
Jodie, My Son. (2020). Tinjauan Penerapan Aturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Padang: UNP.
Meliani, R. F. (2023). Rancangan Pencegahan Kecelakaan Kerja Menggunakan Strategi Hierarchy of Control Pada Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil FT UNP. Applied Science In Civil Engineering. 4 (1), 73-76.
Ramadhan, F. (2017). Analisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Hazard Identifikasi Risk Assessment and Risk Control (HIRARC). Seminar Nasional Riset Terapan., 164-169.
Syahrit, Nadhilah. (2020). Implementasi K3 Menggunakan Metode JSA Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja (Studi Kasus: Workshop Konstruksi Teknik Sipil FT UNP. Applied Science In Civil Engineering, 2 (1), 16-19.
Transiska, D., Nuryanti, & Taufiqurrahman. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Faktor Manusia Terhadap Tingkat Kecelakaan Kerja Karyawan pada PT. Putri Midai Bangkinang Kabupaten Kampar. 2 (1).
Yunila, Mirdha. (2019). Inspection Of Risk Level Using Job Safety Analysis (Jsa) Method In Construction Workshop, The Civil Engineering Department, UNP. Padang. Jurnal Safety Engineering and its Application, 2 (2), 97-106.