ANALISIS PEMBOROSAN BAHAN BAKAR MINYAK PADA MOBIL PENUMPANG AKIBAT KEMACETAN LALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Prof. Dr. Hamka, Padang)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini didasari oleh adanya terminal bayangan di beberapa ruas Jalan Prof. Dr. Hamka yang disebabkan oleh keberadaan bus dan travel liar yang mencari penumpang di depan Kampus UNP. Kerugian yang disebabkan dari kemacetan memiliki dampak yang sangat besar bagi pemakai jalan terutama pemborosan Bahan Bakar Minyak (BBM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pemborosan BBM pada mobil penumpang serta nilai derajat kejenuhan pada ruas Jalan Prof. Dr. Hamka untuk mengetahui hubungan derajat kejenuhan terhadap pemborosan BBM pada mobil penumpang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei secara langsung di lapangan. Penelitian dimulai dengan melakukan survey geometrik mendapatkan data berupa panjang jalan, lebar jalan, dan lebar bahu jalan maka dilakukan survei geometrik jalan kemudian diikuti dengan survey volume kendaraan, survey kecepatan dan survey hambatan samping. Langkah berikutnya adalah tahapan pengolahan data-data survey dengan mempedomani Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2023) untuk menghasilkan volume lalu lintas, hambatan samping, kecepatan arus bebas, kapasitas, dan derajat kejenuhan. Adapun nilai pemborosan BBM didapatkan dengan menggunakan persamaan yang telah diatur oleh Departemen Pekerjaan Umum Indonesia (2005). Hasil penelitian menunjukkan pemborosan bahan bakar tertinggi terjadi pada hari Minggu, 5 Mei 2024 arah Utara – Selatan sebesar 357,56 lt/km pada pukul 17.00 – 18.00, sedangkan hasil nilai derajat kejenuhan pada hari tersebut sebesar 1,34 yang menandakan arus melebihi kapasitas (macet). Perhitungan hubungan derajat kejenuhan dengan pemborosan BBM juga memiliki korelasi kuat dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,674.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Andriani, E., Erita, Y., & Nefilinda. (2015) Dampak Keberadaan Terminal Bayangan Di Jalan Dr. Hamka Kota Padang. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu pendidikan PGRI Sumatera Barat.
Asrahmaulyana, A., Qarina, Q., & Edison, L. E. (2020). Kerugian Ekonomi Akibat Kemacetan Lalu Lintas Terhadap Masyarakat Muslim Yang Bermukim Di Kota Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 6(2), 157-166.
Badan Pusat Statistik Kota Padang. (2024). Kota Padang Dalam Angka 2024. Padang. Diambil pada tanggal 18 April 2024 dari https://padangkota.bps.go.id/publication/2024/02/28/c4991c8e8aeffe085e50de1e/kota-padang-dalam-angka-2024.html.
Departemen Pekerjaan Umum (2005). Pedoman Konsturksi Dan Bangunan Pd T-15-2005-B Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan Bagian I : Biaya Tidak Tetap.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). Panduan Survei Dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas, No. 001/T/BNKT/1990. Direktur Pembinaan Jalan Kota: Jakarta.
Direktorat Jendral Bina Marga. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.
Lubis, Y. A. (2016). Analisis Biaya Kemacetan Kendaraan Di Jalan Setiabudi (Studi Kasus Depan Sekolah Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah)(YPSA). Warta Dharmawangsa, (48).
Maptuhi, A. C., Farida, I., & Susetyaningsih, A. (2019). Kerugian Finansial Akibat Kemacetan Ditinjau Dari Bahan Bakar Minyak Di Kabupaten Garut. Jurnal Konstruksi, 16(2), 9-22.
My Pertamina. (2024). Padang. Diambil pada tanggal 18 April 2024 dari https://mypertamina.id/fuels-harga
Pramesta, I. G. A., Wismantara, I. G. N. N., & Putri, D. A. P. A. G. (2022). Analisis Biaya Perjalanan Lalu Lintas Akibat Adanya Pengaruh Hambatan Samping pada Ruas Jalan Raya Canggu. Jurnal Ilmiah Telsinas Elektro, Sipil Dan Teknik Informasi, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.38043/telsinas.v5i1.373.
PURNATA, I. N. A., & MAHENDRA, M. (2023). Analisa Pemborosan Bahan Bakar Minyak Akibat Kemacetan Pada Ruas Jalan Di Kota Mataram (Studi Kasus Jalan Dr. Wahidin Rembiga Kota Mataram). GANEC SWARA, 17(3), 1278-1288.
Ramadhan, Ilham. (2022). Dampak Harga BBM, Tarif Angkutan Umum Diperkirakan Naik 12,5%. Diakses pada tanggal 2 Februari 2023 dari https://mediaindonesia.com/ekonomi/519873/dampak-harga-bbm-tarif-angkutan-umum-diperkirakan-naik-125.
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung : ITB Bandung.
Wijayanto, Y. (2009). Analisis Kecepatan Kendaraan Pada Ruas Jalan Brigjen Sudiarto (Majapahit) Kota Semarang dan Pengaruhnya Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).
Yodi, H. P. (2022). Pengaruh Fasilitas U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Prof. Dr. Hamka, KM 0, 89, Air Tawar, Padang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).