KINERJA JARINGAN LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN BASKO CITY MALL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Putri Wulandari
Rizky Indra Utama

Abstract

Basko Minang Plaza beserta perusahaan lainnya melakukan pembangunan Basko City Mall  yang berlokasi di Jl. Manunggal 3, Kalumbuk, By Pass Kota Padang, Sumatera Barat. Pembangunan Basko City Mall yang memiliki luas hampir 5 hektar akan membawa perubahan besar dalam tata guna lahan, sehingga mengakibatkan perubahan pada kondisi lalu lintas di sekitar pembangunan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat banyaknya pergerakan dan aktivitas pada ruas jalan di area pembangunan  Basko City Mall yang menimbulkan turunnya kinerja jaringan jalan pada kondisi eksisting, serta untuk memprediksi pertumbuhan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis data sesuai dengan ketentuan PKJI 2023. Temuan analisis menunjukkan bahwa tingkat pelayanan pada ruas Jalan By Pass dan ruas Jalan Manunggal 3 termasuk kategori C, sedangkan ruas Jalan Kalumbuk termasuk kategori B. Prediksi pertumbuhan lalu lintas 5 tahun ke depan tingkat pelayanan ruas Jalan By Pass termasuk kategori E, ruas Jalan Kalumbuk termasuk kategori C, dan ruas Jalan Manunggal 3 termasuk kategori B. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan alternatif saran yang diperoleh untuk meminimalisir gangguan arus lalu lintas akibat pembangunan Basko City Mall yaitu menggunakan alternatif menghilangkan kendaraan masuk atau keluar. Akan tetapi nilai dari tingkat pelayanan lebih meningkat dibandingkan pada kondisi eksisting.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wulandari, P., & Utama, R. (2024). KINERJA JARINGAN LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN BASKO CITY MALL. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(2), 290-295. https://doi.org/10.24036/asce.v5i2.108683

References

Abadiyah, S., Safitri, R. A., & Shofi’i, M. (2023). Analisa Pengaruh Aktivitas Pasar Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raya Serang – Pasar Cikupa). Structure, 4(1), 9. https://doi.org/10.31000/civil.v4i1.8041
Abdul Aziz Wahab. 2009. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta
Ahmad Munawar. 2004. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta : Penerbit Beta Offset.
Anonim. 1994. Highways and Transportation. The Journal of the Institution of Highways and Transportation & IHIE. London.
Anonim. 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. Jakarta.
Anonim. 2009. Undang-Undang No. 22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Anonim. 2011. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2011 Tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisa Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas. Jakarta.
Anonim. 2012. Kementrian Pekerjaan umum. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 03/PRT/M/2012 Tentang Pedoman Penetapan Fungsi Jalan dan Status Status Jalan. Jakarta : Kementrian Pekerjaan Umum.
Anonim. 2022. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja.
Badan Pusat Statistik. 2022. Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah. Kota Padang.
Berlin Purba, A. (n.d.). Junaedi Maskat, Pengetahuan Praktek Berlalu Lintas di Jalan Raya, Sibaya, Bandung. 1998. hal 5. 1–38.
Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 14 Tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Menteri Perhubungan. Jakarta.
Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.
Dhea Sintya, Herianto, R. N. 2022. Redesign Geometrik dan Perkerasan Jalan Karangpaningal-Puloerang Kabupaten Ciamis. Jurnal Sipil Universitas Siliwangi.
Dikun, S. Dan Arif, D. 1993. Strategi Pemecahan Masalah Luas Bangunan dan Lalu Lintas. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017. Manual Desan Perkerasan Jalan No. 04/SE/DB/2017. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta.
Direktorat Jendral Bina Marga Republik Indonesia. 2023. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta
Hendarsin, Shirley L. 200. Perencanaan Teknik Jalan Raya Jurusan Teknik Sipil – Politeknik Negeri Bandung. Bandung.
Hidayat, A. 2021. Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Pembangunan Sport Center Sumatera Utara Terhadap Kinerja Ruas Jalan Sultan Serdang. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Mahudi, E., Setianto Poernomo, Y. C., & Ridwan, A. 2019. Studi Analisa Dampak Lalu Lintas Dikawasan Pembangunan Gedung Olah Raga Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 2(2), 203. https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.512
Manajemen, S., & Lalu, K. 2011. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.
Morlok, E.K. 1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta. Erlangga.
Marga, D. J. B. 2023. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. 021, 7393938. https://binamarga.pu.go.id/uploads/files/1942/09pbm2023-pedoman-kapasitas-jalan-indonesia-.pdf
Nasution, M. 2022. Manajemen Lalulintas. UNIVERSITAS MEDAN AREA.
Oglesby, Clarkson H., dan Hicks, R. Gary. 1990. Highway Engineering. Fourth Edition. John Wiley & Sons. New York. Terjemahan Purwo Setianto. Teknik Jalan Raya. Edisi 4. Erlangga. Jakarta.
Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung : Nova.
Tamin. 2000. TATA GUNA LAHAN-SISTEM TRANSPORTASI. 8(3), 34–52.
Transportation research board. (1994). Highway Capacity Manual (HCM) Special Report 209, Washington, D.C.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang “ Jalan”. Jakarta
Yoon, C. 2014. Manajemen Lalu Lintas. Manajemen Lalu Lintas, l(22), 8–19.