PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY DALAM PROSES BELAJAR MENDESAIN DENGAN PERANGKAT LUNAK (MDPL) 3D
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bermula dari perhatian terhadap rendahnya motivasi dan minat belajar peserta didik, yang dilihat dari nilai semester yang dibawah KKM di SMKN 1 Padang. Rendahnya motivasi dan minat belajar ini diduga dapat dipengaruhi oleh keterbatasan sarana dan prasarana belajar Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) terkhusus pada mata pelajaran Mendesain Dengan Perangkat Lunak (MDPL) disekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Virtual Reality Pada Pembelajaran MDPL (Sketch Up 3D) oleh siswa, dan untuk mengetahui hasil dari penggunaan Virtual Reality pada pembelajaran MDPL (Sketch Up 3D) oleh siswa. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk perbaikan atau peningkatan yang diperlukan guna meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik dalam bidang DPIB. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket secara langsung, dan analisis data dilakukan dengan metode analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase dari eksperience 83% dengan kriteria sangat setuju, imagination 83% dengan kriteria sangat setuju dan interaction 79% dengan kriteria setuju. Kesimpulannya adalah Penggunaan Virtual Reality Dalam Proses Belajar Mendesain Dengan Perangkat Lunak (MDPL) 3D masuk dalam kriteria sangat setuju.
Kata Kunci : Virtual Reality, DPIB, MDPL, Sketch Up 3D.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Mataram).
Sarwo Edi, Suharno, Indah Widiastuti. (2017). “Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan. Nomor 10(1). Hlm. 22.
Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta,cv.
Widoyokko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.