ANALISIS PEMODELAN STRUKTUR DENGAN DILATASI TERHADAP RESPON STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT STUDI KASUS: GEDUNG PERKULIAHAN X DI KOTA PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aqil Muhammad Ciputra
Fajri Yusmar
Syahril Rahmat

Abstract

Gedung X merupakan, salah satu gedung yang berfungsi sebagai gedung perkuliahan yang terletak di Kota Padang. Berdasarkan laporan perencanaan struktur gedung X, diperoleh informasi, bahwa pada perencanaan gedung X menggunakan pemodelan dengan menggabungkan dua massa gedung pada satu model dengan tambahan dilatasi. Penelitian (Hermawan et al., 2022) pada struktur dengan layout T yang diberikan dilatasi, bangunan tersebut dianalisis dengan 2 model yang dipisah. Berbeda dengan gedung X sebelumnya, dimana bangunan di analisis dalam satu model, akan tetapi semestinya ada 2 massa bangunan yang terpisah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan respon struktur dan besaran beban gempa struktur untuk dua tipe pemodelan struktur dilatasi. Pemodelan struktur terdiri dari 3 model yang terdiri dari Model A (Masa bangunan A) (Model B (Massa Banguann B), dan Model A+B (Massa Banguann A+B). Hasil analisis menunjukan bahwa drift struktur pada model A dan Model B pada arah X lebih kecil, bila dibandingkan dengan model A+B, sebaliknya pada arah Y drift yang dihasilkan model A+B lebih besar bila dibandingkan dengan model A dan model B. Selanjutnya untuk Base shear pada model A+B lebih besar dari model A dan model B untuk arah X dan arah Y.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ciputra, A., Yusmar, F., & Rahmat, S. (2024). ANALISIS PEMODELAN STRUKTUR DENGAN DILATASI TERHADAP RESPON STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT STUDI KASUS: GEDUNG PERKULIAHAN X DI KOTA PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 420-425. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.109383

References

Hendratha, A., Nugraha, T. A., & Muljati, I. (2014). PENGARUH DILATASI PADA BANGUNAN DENGAN KETIDAKBERATURAN SUDUT DALAM YANG DIDESAIN SECARA DIRECT DISPLACEMENT-BASED. Jurnal Dimensi Pertama Teknik Sipil , 3(2).
Hermawan, D., Masril, & Bastian, E. (2022). Analisis Pengaruh Dilatasi Bangunan Gedung Tinggi Menggunakan ETABS Pada Bangunan Berdenah T. Jurnal Enskikoplediaku Org, 2(1).
Hidyayat, R., Masril, & Herista, F. (2022). Pengaruh Dilatasi Terhadap Simpangan Antar Lantai Banguan Tinggi Berbentuk H. Jurnal Ensiklopediaku, 4(3).
Sunaryati, J., & Lestara, S. (2019). Analisis Jarak Dilatasi Bangunan Ber layout l dan Perhitungan Penulangan elemen. 6 Th ACE Confrence.
Yusmar, F., Sandra, N., Rifwan, F., & Juliafad, E. (2023). Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Pengaruh Reduksi Kekakuan Elemen Struktur Terhadap Perilaku Struktur Bangunan Gedung Bertingkat Sedang di Kota Padang (Vol. 21, Issue 4). http://iptek.its.ac.id/index.php/jats