TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI NAGARI TALANG BABUNGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Isti Taqwatul Islami
Faisal Ashar

Abstract

Banjir terjadi ketika air meluap di tempat yang melebihi kapasitas pembuangan air karena curah hujan yang tinggi dan topografi dataran rendah hingga cekung. Penelitian ini berfokus pada bagaimana masyarakat menyiapkan diri untuk menghadapi bencana banjir di Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, kusioner, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir di Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengetahuan tentang bencana banjir di Nagari Talang Babungo sebesar 59,41% berada dalam kategori Hampir Siap. Peringatan bencana banjir di Nagari Talang Babungo sebesar 100,00% dengan kategori Siap. Penilaian perencanaan evakuasi bencana banjir di Nagari Talang Babungo sebesar 49,41% dengan kategori Kurang Siap. Sehingga tingkat kesiapsiagaan masyarakat di Nagari Talang Babungo sebesar 69,60% dengan kategori Siap. Diharapkanodenganoadanyaopenelitianoiniodapat menambah wawasan pengetahuan masyarakat mengenai persiapan sebelum banjir, saat banjir, dan pasca banjir.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Islami, I., & Ashar, F. (2024). TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI NAGARI TALANG BABUNGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 351-356. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.109983

References

Anies. (2017). Negara Sejuta Bencana: Identifikasi, Analisis, &Solusi Mengatasi Benana dengan Manajemen Kebencanaan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kodoatie, R.J. dan Sugiyanto, 2002. Banjir, Beberapa Penyebab dan Metode Pengendaliannya dalam Perspektif Lingkungan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
LIPI-UNESCO/ISDR.2006.iKajian Kesiapsiagaan Mayarakat dalam mengantisipasi Bencana Banjir, Gempa bumi dan tsunami. Jakarta: Kebumian Ilmu Pengetahuan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Mantra, I. 2008. Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mistra. 2007. Antisipasi Rumah di Daerah Rawan Banjir. Jakarta: Griya Kreasi
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta.jurnal.fkip.uns.ac.id.
Supriyono, Primus. Pendidikan Resiko 2013. Seri Penggurangan Bencana Banjir. Yogyakarta: Andi Offset
Yulaelawati, Ella. 2008. Mencerdasi Bencana. Jakarta : Grasindo.