ANALISIS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA ELEMEN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI PERUMAHAN DI SMK NEGERI 2 SOLOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Galang Aufa Rafiqi Harahap
Nurhasan Syah

Abstract

Rendahnya hasil belajar pada Elemen Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Perumahan disebabkan oleh ketidakmampuan guru dalam memahami materi dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik kurikulum mandiri. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pendekatan baru dalam pendidikan, yang mendorong siswa untuk lebih terlibat dan bekerja sama untuk kebaikan bersama. Penelitian ini dirancang untuk menguji bagaimana kinerja siswa kelas XI SMK Negeri 2 Solok dalam unit Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang mencakup Elemen Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Perumahan. Pendekatan kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol sebelum dan sesudah tes diterapkan dalam penelitian ini. Individu yang mengambil bagian dalam eksperimen ini adalah peserta didik kelas sebelas yang bersekolah di SMK Negeri 2 Solok. Tim peneliti dalam penelitian ini menggunakan 33 soal objektif yang dirancang untuk mengukur hasil belajar (pretest dan post-test serta skor n-gain). Analisis dilakukan dengan menggunakan uji-t, yang mengukur perbedaan antara dua rata-rata. Hasil dari uji-t memperlihatkan H0 ditolak, dengan thitung (4,872) > ttabel (2,024). Peserta didik kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Solok mengalami peningkatan pengetahuan tentang Elemen Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Perumahan setelah menerapkan model PjBL, sesuai dengan temuan penelitian ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rafiqi Harahap, G. A., & Syah, N. (2024). ANALISIS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA ELEMEN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI PERUMAHAN DI SMK NEGERI 2 SOLOK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 389-394. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.110783

References

Agusta, R. T., & Syah, N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Blended Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X BKP SMKN 1 Lintau Buo Mata Pelajaran Gambar Teknik. Applied Science In Civil Engineering, (2) 4, 377-381.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154-158.
Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas dan Hormonal. Universitas Diponegoro, October, 14.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 37–64.
Farihatun, S. M., & Rusdarti (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8 (2), 635-651.
Luantika, D., & Syah, N. (2022). Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di Masa Pandemi Covid 19 di SMK Negeri 1 Padang. Applied Science In Civil Engineering, 3, 170–174.
Sahron, A., & Baharuddin. (2021). Pengaruh Model Belajar Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Siswa XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan TA. 2019/2020. 1(1), 18-25.
Saputra, B., & Turmuzi, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan LKPD terhadap pemahaman operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMPN 13 Mataram Tahun 2021 /2022. 2(September), 821–829
Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoristis: Apa Itu Belajar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2(2), 192-213.
Sugiyono. (2017). Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung Alf (p. 143).
Telaumbanua. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 583.
Yulastri, R, S. & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK Dhuafa Padang. Cived, 6(3), 8.
Zega, C., Telaumbanua, A., & Zebua, Y. ( 2022). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUCATUM: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 102-108.