PERANCANGAN DAFTAR SIMAK PEMERIKSAAN ADMINISTRASI PROYEK KONSTRUKSI SEBAGAI ALAT KONTROL STANDARISASI & KELENGKAPAN DOKUMEN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aulia Nurul Putri
Ari Syaiful Rahman Arifin

Abstract

Kesulitan dalam pemeriksaan dokumen disebabkan oleh jumlah dokumen proyek yang sangat banyak dan dokumen yang tidak tersusun dengan baik sehingga butuh ketelitian yang lebih untuk memeriksa tiap-tiap dokumen. Alasan lain karena kurangnya pemeriksaan pengawas terhadap dokumen yang akan diperlukan. Dikarenakan belum adanya panduan khusus mengenai pemeriksaan administrasi proyek konstruksi juga mempengaruhi dalam kelengkapan dokumen konstruksi. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang daftar simak pemeriksaan administrasi proyek konstruksi sebagai alat kontrol kelengkapan dokumen untuk panduan bagi owner. Penelitian ini menggunakan mencakup wawancara, studi literatur, dan observasi lapangan.  Produk yang dihasilkan berupa daftar simak pemeriksaan administrasi proyek konstruksi dengan diuji kelayakan produk oleh ahli produk dan kepraktisan produk melalui angket (kuesioner) praktikalitas. Nilai yang didapatkan dari ahli produk dan angket (kuesioner) diolah menggunakan microsoft excel dan software SPSS (Statistical Program for Social Science) untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan produk. Berdasarkan penilaian produk oleh ahli produk dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 96% dengan kriteria valid. Penilaian pada tahapan uji coba ke lapangan untuk melihat tingkat kepraktisan dengan 11 orang staff administrasi perlengkapan UNP sebagai responden memperoleh nilai rata-rata 83% dikategorikan sangat praktis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, A., & Arifin, A. S. (2024). PERANCANGAN DAFTAR SIMAK PEMERIKSAAN ADMINISTRASI PROYEK KONSTRUKSI SEBAGAI ALAT KONTROL STANDARISASI & KELENGKAPAN DOKUMEN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 437-441. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.111183

References

Arifin, Ari Syaiful Rahman, Akhmad Suraji, and Bambang Istijono. "Pengukuran Tingkat Penerapan Norma, Standar, Prosedur Dan Kriteria Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (NSPK K3) Pada Proyek Konstruksi." Jurnal Rekayasa Sipil 10.2 (2014): 31-40.
Dimyanti, H., H. A. & Nurjaman, K. (2014). "Manajemen Proyek". Bandung : PUSTAKA.
Ervianto, W. I. (Edisi Revisi). Manajemen Proyek Konstruksi . Yogyakarta : ANDI.
Hansen, Seng. (2015). Manajemen Kontrak Konstruksi. Jakarta : GRAMEDIA PUSTAKA UMUM.
Hardy Ma’mun, S. (2010). Implementasi Persyaratan Administrasi Proyek Konstruksi Bangunan. Academy of Management Journal, 5(3), 11–143.
Mulyono, G. (2010). Universitas Kristen Petra Surabaya. Dimensi Interior, 8(1), 44–51.
Rahmadhani Ib, Restia (2023) Pengembangan Modul Digital pada Mata Kuliah Aplikasi Konstruksi Batu di Departemen Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Rani, H. A. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi - PENJADWALAN. Manajemen Proyek Konstruksi-Penjadwalan, November 2016.
Peraturan Lembaga Kebjakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021. Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedia.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020. Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021. Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi.