KONTRIBUSI PEMAHAMAN GAMBAR KONTRUKSI BANGUNAN DAN KEMAMPUAN DASAR PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL TERHADAP PENGERJAAN TUGAS ESTIMASI BIAYA DI SMK NEGERI 1 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan memiliki tujuan agar siswa dapat mengusai ilmu sesuai dengan keterampilan yang dipelajarinya. Salah satunya keterampilan yang mesti dikuasai murid Desain Pemodelan dan Imformasi Bangunan ialah mampu mengerjakan perhitnugan estimasi biaya. Kenyataannya masih banyak siswa tidak dapat mengerjakan perhitungan estimasi biaya. Dalam menghitung estimasi biaya murid harus mempelajari gambar lengkap bangunan dan dapat menggunakan software Microsoft Excel , dikarenakan gambar konstruksi bangunan adalah bagian file yang diperlukan untuk pedoman untuk menghasilkan volume pekerjaan.Penelitian ini sifatnya deskriptif dengan olah data kuantitatif dengan maksud untuk mengetahui kontribusi pemahaman gambar kontruksi bangunan dan kemampuan dasar penggunan Ms.Excel terhadap pengerjaan tugas estimasi biaya di SMK Negeri 1 padang. Dari hasil data didapatkan memperoleh kesimpulan sebagai berikut : Memahami gambar konstruksi bangunan dikategorikan sebagai kemampuan yang baik untuk murid XI program keahlian bangunan dan juga memiliki pengertian dasar tentang Microsoft Excel menempatkan mereka dalam klasifikasi belum mampu. Baik memahami gambar konstruksi bangunan dan memiliki pemahaman dasar tentang Ms. Excel merupakan faktor yang mempengaruhi tugas estimasi biaya.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.