PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SMKN 1 HILIRAN GUMANTI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nelfitri Azizah
Yuwalitas Gusmareta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Hiliran Gumanti. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Hiliran Gumanti pada bulan Juli - Agustus 2024. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Seluruh guru yang mengajar di SMKN 1 Hiliran Gumanti berjumlah 27orang menjadi sampel dalam penelitian ini. Dengan menggunakan sampel jenuh yang berarti 100% populasi. Instrument dalam penelitian ini adalah lembaran angket yang sudah di uji coba. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Derajat Pencapaian (DP) menunjukkan bahwa persepsi guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Hiliran Gumanti pada kategori baik dengan persentase 89%. Oleh karena itu, implementasi kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Hiliran Gumanti sudah diimplementasikan dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Azizah, N., & Gusmareta, Y. (2024). PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SMKN 1 HILIRAN GUMANTI. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 407-409. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.111383

References

Apriyanti, D. N. (2024). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Putra Pertiwi. 4(1).
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan TeknologI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Athifah Muzharifah, Irfa Ma’alina, Puji Istianah, & Yusmandita Nafa Lutfiah. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 161–184. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.306
Pebiani, O., & Arbi, Y. (2021). Faktor Kesulitan Berbasis Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 …. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 252–258.