PENGARUH CHATGPT DALAM PROSES PENGERJAAN TUGAS TERHADAP PENGUASAAN MATERI ELEMEN DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN SISWA KELAS X DPIB SMKN 2 KOTA SOLOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fajria Mashuda
Muhammad Ihsan

Abstract

Kemajuan teknologi menjadi bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan kita, Dalam ranah pendidikan, siswa mulai familiar dengan keberadaan internet yang terhubung melalui Handphone, Salah satu kemajuan teknologi yang muncul adalah ChatGPT. ChatGPT telah menjadi alat yang berguna bagi siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik. ChatGPT, sebagai model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI, dapat membantu siswa dalam berbagai aspek proses pengerjaan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pengerjaan Tugas Terhadap Penguasaan Materi Siswa. Untuk mengkaji sejauh mana Penggunaan ChatGPT dapat membantu siswa dalam menguasai materi elemen dasar dasar program keahlian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakuan di SMKN 2 Kota Solok. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas X SMKN 2 Kota Solok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dari 2 kelas yaitu kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran kuisioner menggunakan GoogleForm. Teknik dalam menganalisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Validitas,Analisis data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan ChatGPT dalam proses pengerjaan tugas terhadap penguasaan materi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mashuda, F., & Ihsan, M. (2024). PENGARUH CHATGPT DALAM PROSES PENGERJAAN TUGAS TERHADAP PENGUASAAN MATERI ELEMEN DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN SISWA KELAS X DPIB SMKN 2 KOTA SOLOK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 402-406. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.111483