PENGARUH CHATGPT DALAM PROSES PENGERJAAN TUGAS TERHADAP PENGUASAAN MATERI ELEMEN DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN SISWA KELAS X DPIB SMKN 2 KOTA SOLOK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kemajuan teknologi menjadi bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan kita, Dalam ranah pendidikan, siswa mulai familiar dengan keberadaan internet yang terhubung melalui Handphone, Salah satu kemajuan teknologi yang muncul adalah ChatGPT. ChatGPT telah menjadi alat yang berguna bagi siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik. ChatGPT, sebagai model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI, dapat membantu siswa dalam berbagai aspek proses pengerjaan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pengerjaan Tugas Terhadap Penguasaan Materi Siswa. Untuk mengkaji sejauh mana Penggunaan ChatGPT dapat membantu siswa dalam menguasai materi elemen dasar dasar program keahlian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakuan di SMKN 2 Kota Solok. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas X SMKN 2 Kota Solok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dari 2 kelas yaitu kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran kuisioner menggunakan GoogleForm. Teknik dalam menganalisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Validitas,Analisis data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan ChatGPT dalam proses pengerjaan tugas terhadap penguasaan materi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.