PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SISWA PADA ELEMEN GAMBAR JALAN DAN JEMBATAN DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah yang muncul pada Elemen Gambar Jalan dan Jembatan mencakup ketidaksesuaian penggunaan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan karakteristik Kurikulum Merdeka serta keterampilan siswa dalam menggambar jalan dan jembatan yang belum maksimal. Untuk mengatasi isu ini, diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan, disiplin, dan kerja sama antara peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Bukittinggi pada Elemen Gambar Jalan dan Jembatan (GJJ). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan populasi siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Bukittinggi tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 3 kelas. Pengujian instrumen dilakukan di kelas XI DPIB 2 dengan 29 responden dan penelitian dilaksanakan di kelas XI DPIB 1 dengan 28 responden. Data dikumpulkan melalui tes belajar (pretest dan posttest), aktivitas belajar, dan keterampilan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji rata-rata dan uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil uji menunjukkan koefisien Tvalue sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 1 Bukittinggi pada Elemen Gambar Jalan dan Jembatan (GJJ).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
2. Ariyati, Y., & Nadiar, F. (2021). Sparkol Videoscribe sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Jembatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1), 1–8.
3. Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 02(1), 29–39.
4. Ulfa, R. (2021). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 342–351. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
5. Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.
6. Prambudi, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Ukm Maleo Lampung Timur. Jurnal Manajemen, 1(3), 687–704.
7. Cahyani, M. I., & Putri, Z. P. (2023). Analisis Kesukaran Soal ( Difficulty Level ) Matematika pada Modul Efektif Tema 4 Kelas 2 Terbitan CV Bumi Pustaka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 127–134.
8. Fatimah, L. U. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.
9. Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.
10. Bahar, H., & Afdholi, N. S. (2013). Ketuntasan belajar IPA melalui number head together (NHT) pada kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(1), 1–12.
11. Rosyidah, N. F., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Problem Based Learning Menggunakan Web Liveworksheet Untuk Kelas Vii Smp. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 2(1), 138–145.
12. Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test).