STUDI PERFORMANCE BASED PLASTIC DESIGN PADA STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN LAYOUT BANGUNAN BERBENTUK L

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alfin Fahdira
Eka Juliafad

Abstract

Tugas akhir ini dilatar belakangi oleh SNI 1726:2019 tentang “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung”. Gedung  Fakultas Universitas Negeri Padang merupakan salah satu gedung yang ada di Universitas Negeri Padang yang dibangun pada tahun 2020. Bangunan ini terletak di Kota Padang yang merupakan daerah yang rawan bencana gempa bumi. Dalam perencanaan bangunan gedung di indonesia, metode yang diterapkan adalah performance based design berdasarkan SNI 1726:2019 yang hanya didasarkan pada analisa elastik yang diberikan faktor beban hingga kondisi bangunan batas (ultimit). Pada kondisi rill, keruntuhan pada struktur bangunan terjadi pada saat kondisi inelastis. Pada konsep performance based design hanya memastikan desain memenuhi level kinerja yang ditentukan. Seperti, pada konsep desain berbasis kinerja ini mampu memenuhi kapasitas layan dan kuat rencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Performance Based Plastic Design (PBPD) yang merupakan sebuah metode desain berbasis kinerja yang memperhitungkan perilaku inelastik struktur dengan menentukan terlebih dahulu target perpindahan dan menetapkan mekanisme kelelehan sebagai batasan dasar dari kinerjanya. Dalam menentukan level kinerja struktur pada tugas akhir ini dilakukan pushover analysis. Penelitian tugas akhir ini dianalisis menggunakan software SAP2000.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fahdira, A., & Juliafad, E. (2024). STUDI PERFORMANCE BASED PLASTIC DESIGN PADA STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN LAYOUT BANGUNAN BERBENTUK L. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 324-329. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.112183

References

Almufid, & Hidayah, S. (2019). Perencanaan Struktur Atas Gedung Hunian 12 Lantai.
Arifah, A. G., & Akbar, M. R. (2017). Perencanaan Struktur Gedung Kuliah Fakultas Teknik di Malang Dengan Metode Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah.
Ertanto, B. C., Satyarno, I., & Suhendro, B. (2017). Performance Based Design Bangunan Gedung Untuk Level Kinerja Operasional.
FEMA 356. (2000). Prestandard and Commentary for The Seismic Rehabilitation of Building.
FEMA 440. (2005). Improvement of Nonlinear Static Seismic Analysis Procedures.
Feriyandi, F. N. (2023). Study Performance Based Plastic Design (PBPD) Pada Struktur Gedung Beton Bertulang.
Liao, W.-C. (2010). Performance Based Plastic Design Of Earthquake Resistant Reinforced Concrete Moment Frames.
Mamesah, H. Y., Wallah, S. E., & Windah, R. S. (2014). Analisis Pushover Pada Bangunan Dengan Soft First Story.
Purnomo, E., Purwanto, E., & Supriyadi, A. (2014). Analisis Kinerja Struktur Pada Gedung Bertingkat Dengan Analisis Dinamik Respon Spektrum Menggunakan Software Etabs (Studi Kasus : Bangunan Hotel Di Semarang).
Sunaryati, J., Nidiasari, & Yuliandri, R. (2021). Performance Based Plastic Design Method of Reinforced Concrete Structure For Operational Performance Level.
SNI 1726-2019 "Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung"