PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH STRUKTUR BETON

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reza Putra
Juniman Silalahi

Abstract

Struktur Beton merupakan salah satu mata kuliah yang memerlukan usaha ekstra. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada 15 orang mahasiswa S1 PTB FT UNP. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada 25 September 2023, sebagian besar dari mereka mengatakan adanya kendala terkait kelebihan dan kekurangan untuk setiap mahasiswa berdasarkan perbedaan latar belakang pengetahuan. Dari segi kelebihan, sebagian mahasiswa memiliki pengetahuan matematika dan fisika yang lebih kuat serta kemapuan berfikir logis yang baik, namun kekurangannya mereka kurang familiar dengan konsep teknik sipil, serta hal ini berakibat kepada sulitnya mahasiswa memahami konsep abstrak untuk menerapkannya kepada visualisasi gambar dengan tepat. Tujuan utamanya adalah agar materi perkuliahan dapat disampaikan dengan cara yang lebih engas dan sesuai dengan konteks perkembangan terkini dalam bidang ini. Metode penelitian yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), dengan pengumpulan data melaluiI kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa teknologi Augmented Reality mempengaruhi kemampuan memahami materi struktur beton pada mahasiswa yang mengampu mata kuliah struktur beton.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, R., & Silalahi, J. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH STRUKTUR BETON. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 305-310. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.112383

References

Anggriyadi. (2012). Serjarah Terknologi Aurgmernterd Rerality. Dipertik April 4, 2016, dari Stikom Binaniaga
Djoko, Ariawan R. MS Noval. (2018). “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Promosi Universitas Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D”. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (FIKI). Vol 9, No 1.

Firmansyah dan Dodik Arwin Dermawan. (2020). Perancangan Dan Pembuatan Game “Wisata Masa Depan (Wermader)” Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Indonesian Journal of Computer Science, 2(1), 22–28.

Ismayani, Ani. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: PT. Erlangga Media Komputindo.

Kamerlia, Lia. (2015). “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar”. Jurnal ISSN 1979-8911. Volume IX, No. 1.

Maerir, P., Klinkerr G., Tonnis M. (2009). “Augmented Reality for Teaching Spatial Relations”. Conference of the International Journal of Arts & Science, Toronto.

Muchtar, Agus Tri Windarta. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Video Animasi Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Di SMK N 1 Seryergan. Skripsi. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mursyidi, Ilmawan. (2016). “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.13, No.2, Hal 174.

Murstaqim, Ilmawan K., Nanang. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality”. Jurnal Ederukasi Elektro. Vol.1, No.1.

Ni Komang Oktari Permata; Padma Nyoman Crisnapati, Made Windu Kersiman; I Made Gede Surnarya. (2014). “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah dan Pura Goa Gajah”. ISSN: 0216-3241, Bali.

Permana, Rizki. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Android “Kana Augmented Reality” Pada Pembelajaran Hiragana. Skripsi. Sarjana Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

R, Malaurdin., Srimudianto, A.S., & Murhardi, H. (2017). “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi”. Jurnal Edurasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Vol. 3, No.2, Hal 42-48.

Rahmi, M. N., & Samsurdi, M. A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan karakteristik gaya belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355-363.

Rifana Arief dan Neli Umniati. (2012). Pengembangan Virtual Class untuk Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android. JPTK UNY (Vol. 21, No 2). Hlm 114-122.

Riyanto, & Singgih, S. (2015). “Pemanfaatan Augmented Reality pada Media Pembelajaran Interaktif Peredaran Planet”. Jurita, 3(4), 187–192.

Yurntoto, Singgih. (2015). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih. “Pernggurnaan Smartphoner Dalam Mernurnjang Aktivitas Perrkurliahan Olerh Mahasiswa Fispol Urnsrat Manado”. Er-Jourrnal “Acta Durnia”. Vol.6. No.1.