ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PUTAR BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN ADINEGORO KOTA PADANG (Studi Kasus: Depan SDN 11 Lubuk Buaya Kota Padang)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Shelly Marcelina Putri
Faisal Ashar

Abstract

Salah satu daerah dengan kejadian kemacetan di Kota Padang adalah ruas Jalan Adinegoro. Jalan Adinegoro merupakan tipe jalan 4 lajur 2 arah 2 jalur dan terbagi (4/2D) dengan median. Median pada jalan ini tidak hanya sekedar pembagi jalan, tetapi terdapat bukaan pada median yang memungkinkan pengguna jalan untuk melakukan putar balik arah atau biasa disebut dengan gerakan U-Turn. Permasalahan adanya fasilitas U-Turn ditambah dengan aktivitas masyarakat yang akan pergi ke sekolah, dimana fasilitas U-Turn tersebut berada di depan SDN 11 Lubuk Buaya. Berdasarkan observasi awal dengan adanya fasilitas U-Turn didaerah tersebut beberapa pengendara sepeda motor menyeberang ke arah yang berlawanan dengan melewati fasilitas U-Turn yang menambah permasalahan kinerja lalu lintas dan risiko terjadinya kecelakaan pada kawasan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas putar balik (U-Turn) terhadap kecepatan kendaraan pada ruas Jalan Adinegoro Kota Padang, mengetahui kinerja arus lalu lintas akibat adanya putar balik (U-Turn) pada ruas Jalan Adinegoro Kota Padang, Mengetahui besar rata-rata waktu tempuh yang dibutuhkan pada saat kendaraan melakukan U-Turn serta sebagai usulan perencanaan geometric U-Turn untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di lokasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis pengaruh aktivitas putar balik (U-Turn) terhadap kinerja lalu lintas di Jalan Adinegoro, Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di lapangan. Variabel yang diamati meliputi volume kendaraan, kecepatan kendaraan, waktu tunggu kendaraan saat melakukan U-Turn, panjang antrian. Data tersebut kemudian dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara aktivitas U-Turn dengan kinerja lalu lintas secara keseluruhan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, S. M., & Ashar, F. (2024). ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PUTAR BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN ADINEGORO KOTA PADANG (Studi Kasus: Depan SDN 11 Lubuk Buaya Kota Padang). Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 491-500. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.113483

References

AASHTO. (2001). A Policy on Geometric Design of Highways and Street. Washington DC.
Alamsyah. (2001). Rekayasa Jalan Raya. Malang : UMM Press
Badan Standarisasi Nasional. (2004). Geometri Jalan Perkotaan Pd T-14-2004. Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. (2005) Perencanaan Putar Balik (U-Turn) No: 06/BM/2005. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. (2005). Perencanaan Putar Balik (U-Turn) No: 06/BM/2005. Jakarta.
Gea, M. S.A. dan Harianto, Joni. (2011). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Badan Jalan (Studi Kasus: Pasar dan Pertokoan di Deli Tua). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Sumatra Utara. Medan.
Ihtiar. (2022). Analisis Pengaruh Fasilitas U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jl. Majapahit-Depan Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat). Mataram.
Gultom, B. P., Sulistyorini, R., & Putra, S. (2019). Pengaruh Bukaan (U-Turn) di Ruas Jalan Z.A. Pagar Alam Terhadap Kinerja Lalu Lintas. JRSDD, 7(ISSN: 2303-0011), 299–310. Lampung.
Hadihardaja, J. (1997). Sistem Transportasi. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Halim, S. H. (2021). Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung). Jurnal Media Teknologi, 07(02). Bandung.
Hendrato, S. (2001). Dasar-Dasar Transportasi. Bandung : Institut Teknologi Bandung.
Hobbs,F.D. (1995). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Ihtiar. (2022). Analisis Pengaruh Fasilitas U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jl. Majapahit-Depan Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat). Mataram.
J.Pignataro, Louis. (1973). Traffic Engineering Theory and Practice. USA : Prentice-Hall, Inc
Klarsson, Lars. (2014). CadTools Reference Manual.
Maer, J., Lefrandt, L. I. R., & Timboeleng, J. A. (2019). Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Robert Wolter Monginsidi Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 7(ISSN: 2337-6732), 1569–1583. Manado.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96. (2015). Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34. (2006). Tentang Jalan. Jakarta.
Putra, F. A., Hafid, F. A., Syarkawi, M. T., Sar, M., & Salim. (2019). Studi Pengaruh Jarak Antar U-Turn Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Jl. AP. Makassar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia, 1(E- ISSN: 2655-7266), 43–53. Makassar.
Siregar, D. S. (2021). Impresi Gerakan U-Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik, 1(ISSN: 2808-7720), 1–10. Medan.
Sukirman, S. (1994). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova. Bandung.
Syahril, A., & Puspito, I. H. (2022). Analisis Pengaruh Aktivitas U-Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Raya Bogor KM. 19 Kota Jakarta Timur. Jurnal Artesis, 2, 147–152.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2. (2022). Tentang Jalan. Jakarta.
Wiranto, R. (2019). Pengaruh U-Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Tengku Amir Hamzah Kota Medan