EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIM MENGGUNAKAN ARCHICAD PADA KELAS XI DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 LUBUK SIKAPING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ayeza Indah Maulia
Risma Apdeni

Abstract

Ayeza Indah Maulia, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran Building Information Modelling (BIM) menggunakan perangkat lunak ArchiCAD pada siswa Kelas XI Jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ArchiCAD dalam pembelajaran BIM memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman siswa mengenai konsep BIM. Mayoritas siswa mengalami peningkatan dalam kemampuan mendesain dan memodelkan bangunan secara digital. Respon siswa terhadap penggunaan ArchiCAD juga sangat positif, dengan banyak yang merasa bahwa software ini mempermudah mereka dalam memahami materi. Kesimpulannya, pembelajaran BIM menggunakan ArchiCAD di Kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping tergolong sangat efektif, dengan derajat pencapaian sebesar 83%, dan memberikan keterampilan yang berharga dalam desain bangunan digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Maulia, A., & Apdeni, R. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIM MENGGUNAKAN ARCHICAD PADA KELAS XI DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 LUBUK SIKAPING. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(3), 478-483. https://doi.org/10.24036/asce.v5i3.114983

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752
Anita, K., Wahyudi, A. D., & Susanto, E. R. (2020). Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada SMK Cahaya Kartika. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.213
Ashtar, M., & Rito, B. B. R. (2020). Arsitektur untuk Indonesia Timur. Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia, 75–86.
Ekayanti, Y., & Syafdaningsih, S. (2023). Identifikasi Perilaku Bidang Pengembangan Moral Anak Kelompok B Di Tk It Al-Dhaifullah Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten …. Alfabeta,Bandung, 27–44. https://repository.unsri.ac.id/106058/
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Naufalia, N. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Building Information Modeling (BIM) Pada SMK Teknik Konstruksi Dan Properti (TKP) di DKI Jakarta. 3. http://repository.unj.ac.id/37919/
Nugraha, S. A. (2013). Penguasaan Komputer Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL). 53(9), 1689–1699. repository.upi.edu%0Aperpustakaan.upi.edu
Nurdin, N., & Djuhartono, T. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 137–148. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.328
Sulistiawati, D., Arthur, R., & Murtinugraha, R. E. (2023). Analisis Pengambangan Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Penerapan Aplikasi Berbasis Bim. Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan Dan Teknik Sipil, 1, 103–110.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Uniarvan, R. C. (2016). Pengembangan Media Penggambaran 3D Menggunakan Program ArchiCAD Pada Pelajaran Perangkat Lunak Untuk Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Depok Sleman. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 4(3), 1–13. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sipil/article/view/3687