ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALUR PEJALAN KAKI DI JALAN GAJAH MADA KOTA PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Jalan Gajah Mada merupakan salah satu jalan yang berada di Kota Padang. Letak Jalan Gajah Mada yang berada pada kawasan perkantoran dan kawasan komersial juga menjadikan karakteristik bangunan di sepanjang jalan tersebut adalah bangunan yang bersifat publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi eksisting dan tingkat pelayanan jalur pedestrian di Jalan Gajah Mada. Hasil analisis data yang didapatkan antara lain: (1) Kondisi geometrik trotoar masih banyak terdapat kekurangan seperti lampu penerangan yang mati serta kerusakan paving block pada beberapa titik, minimnya fasilitas pendukung seperti tempat sampah dan lapak teduh. (2) Segmen 1 Level Of Service (LOS) A dengan arus sebesar 1,34 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 66,65 meter/menit, ruang sebesar 59,31 m2/orang, dan rasio sebesar 0,02. Segmen 2 LOS A dengan arus sebesar 1,61 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 65,40 meter/menit, ruang sebesar 56,53 m2/orang , dan rasio sebesar 0,03. Segmen 3 LOS A dengan arus sebesar2,53 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 56,05 meter/menit, ruang sebesar 35,38 m2/orang, dan rasio sebesar 0,04. Segmen 4 LOS A dengan arus sebesar 1,5 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 65,39 meter/menit, ruang sebesar 49,09 m2/orang, dan rasio sebesar 0,03. Segmen 5 LOS A dengan arus sebesar 2,63 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 61,19 meter/menit, ruang sebesar 27,02 m2/orang, dan rasio sebesar 0,04. Segmen 6 LOS A dengan arus sebesar 1,15 orang/meter/menit, kecepatan rata-rata sebesar 64,33 meter/menit, ruang sebesar 70,98 m2/orang, dan rasio sebesar 0,02.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Lestari, F., & Pramita, G. (2020). Identifikasi fasilitas pejalan kaki di kota bandar lampung. 1(1), 27–32.
Erna, W., & Leksono, S. (2016). Convenience component of walkability in Malang City case study the street corridors around city squares. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 227(November 2015), 587–592.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 03/PRT/M/2014
Pedoman Perancanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki No. 07/P/BM/2023
BPS Kota Padang (Kota Padang Dalam Angka 2024)