PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOSPASIAL DI SMK N 2 PAYAKUMBUH
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Elemen Gambar Teknik pada kelas X Geo di SMK N 2 Payakumbuh. Untuk mengungkap permasalahan yang terjadi pada kelas X Geo ini, maka perlu menerapkannya metode pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa peserta didik pada kelas X Geo 2 di SMK N 2 Payakumbuh. Jenis Penelitian ini adalah quasi experiement(experiment semu) dengan desain pretest-postest control grup design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Geo di SMK N 2 Payakumbuh tahuan ajaran 2024/2025 yang terdiri dari kelas X Geo 1 dan X Geo 2. Pelaksanaan instrument uji coba yang terdiri dari 30 sampel yang berasal dari XI Geo di SMK N 2 Payakumbuh. Data penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar (pretest, postest dan gain score berupa soal objketif sebanyak 40 soal. Data diuji menggunakan bantuan aplikasi software SPSS versi 14. Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan hipotesis didapatkan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Azahar, R., & Siregar, S. (2024). Perbedaan Kemampuan Teknik Gambar Self-Directed Learning dan Tutor Sebaya di Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(11), 487–492. https://doi.org/10.52436/1.jpti.347
Dodiet Aditya Setyawan, SKM, M. (2022). Buku Petunjuk Praktikum Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengumpulan Data Menggunakan SPSS. Www.Researchgate.Net, July, 12.
Muhammad Afandi, Evi Chamalah, O. P. W. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (pertama).
Pramuaji, K., & Loekmono, A. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questionnaire Empathy. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 74–78.
Purmadi, T. O., & Handayani, K. D. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Dengan Media Sketchup pada Materi Proyeksi Ortogonal Kelas X di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 4(1), 1–7.
Putra, R. N., Body, R., Silalahi, J., & Padang, N. (2018). PENGARUH TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MEKANIKA KELAS X TGB DI SMK NEGERI 1 BATIPUH TANAH DATAR Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan , Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik , Universitas. 6(5), 1–7.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Saputri, H. A., Zulhijrah, Larasati, N. J., & Shaleh. (2023). Analisis Instrumen Assesmen : Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 2986–2995.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Tsani, T., Ermas, E., & Febriantono, A. R. (2018). Efisiensi Belanja Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dan Pengaruhnya Terhadap Pemenuhan Akses Pendidikan Menengah Di Indonesia. Jurnal Anggaran Dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI), 2(1), 23.