PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indah Erdiani
Fithriyah Patriotika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persentase hasil belajar yang rendah pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan serta kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model PBL berbantuan quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2 tahun ajaran 2024/2025. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Pariaman kelas XII DPIB yang terdiri dari 21 orang. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest dengan 41 soal objektif, dan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U-test. Hasil menunjukkan bahwa Asymp.sig (<0,001) < (α) 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan quizizz berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Erdiani, I., & Patriotika, F. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(4), 545-551. https://doi.org/10.24036/asce.v5i4.115783

References

Amry, Z., & Badriah, L. (2018). Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. Elementary: Islamic Teacher Journal, 6(2).
Amin, F. Y., Saputra, J. H., & Maryati, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuanan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sd Negeri 1 Jeketro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 25–33.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astina, A. M., Artani, B. T. K., & Alam, H. S. (2023). Workshop Kurikulum Merdeka di SMK Singamandawa. Jurnal Abdi Masyarakat, 3(2), 166–172.
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213.
Lestari, P., Setyawati, R. D., & Refflane, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuanan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Peterongan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8589–8596.
Kamdi, W. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang.
Hamalik, H. O. (2019). Dasar-dasar pengembangan kurikulum
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Sugiyono. (2017). Statika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.
Wajdi, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Pada Pembelajaran Fisika. Kappa Journal, 2(1), 9-18.