PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persentase hasil belajar yang rendah pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan serta kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model PBL berbantuan quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2 tahun ajaran 2024/2025. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Pariaman kelas XII DPIB yang terdiri dari 21 orang. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest dengan 41 soal objektif, dan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U-test. Hasil menunjukkan bahwa Asymp.sig (<0,001) < (α) 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan quizizz berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Amin, F. Y., Saputra, J. H., & Maryati, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuanan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sd Negeri 1 Jeketro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 25–33.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astina, A. M., Artani, B. T. K., & Alam, H. S. (2023). Workshop Kurikulum Merdeka di SMK Singamandawa. Jurnal Abdi Masyarakat, 3(2), 166–172.
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213.
Lestari, P., Setyawati, R. D., & Refflane, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuanan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Peterongan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8589–8596.
Kamdi, W. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang.
Hamalik, H. O. (2019). Dasar-dasar pengembangan kurikulum
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Sugiyono. (2017). Statika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.
Wajdi, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Pada Pembelajaran Fisika. Kappa Journal, 2(1), 9-18.