PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PERENCANAAN PEKERJAAN KONTRUKSI DAN PERUMAHAN DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada Elemen Perencanaan Pekerjaan Kontruksi dan Perumahan adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum mampu mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diterapkan model pembelajaran yag memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan keaktifan dan kerja sama dalam belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI TKP SMK Negeri 1 Pariaman pada Elemen Perencanaan Pekerjaan Kontruksi dan Perumahan.Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari kelas XI TKP. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Padang, pada kelas XI TKP yang terdiri dari 26 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar ( Pretest dan Posttest) berupa soal objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Data yang dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan teknik Paired SampleT-Test (Uji-T berpasangan).Berdasarkan hasil pengolahan data dari perhitungan T-test diperoleh taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Elemen Perencanaan Pekerjaan Kontruksi dan Perumahan di SMK Negeri 1 Pariaman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Chriestie, E. J., & Langi, Y. A. R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan ( Paired Sample T-Test ). 45–47.
Iii. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Critical Thinking dalam Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas X IPS di MAN 2 Tasikmalaya. 20–35.
Shulkha, S. U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Tema 4 Subtema 1 Materi Hak Dan Kewajiban Kelas Iii Mi Darul Ulum Tanggel Blora Tahun 2022/2023.
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1–15. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/62615506/Teknik_Analisis_Data_Penelitian_Kuantitatif20200331-52854-1ovrwlw-libre.pdf?1585939192=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DTeknik_Analisis_Data_Penelitian_Kuantita.pdf&Expires=1697869543&Signat
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar The Effect of Learning Model Flipped Classroom ( FC ) on Learning Outcomes. Edumatica |Jurnal Pendidikan Matematika, 10(September).