VALIDASI KURIKULUM MBKM DENGAN PENDEKATAN OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Silvianti
Fani Keprila Prima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dengan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Validasi CPL dilakukan untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan dunia kerja, tuntutan industri 4.0, serta standar nasional dan internasional seperti Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan akreditasi ASIIN. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terdiri dari 6 butir pernyataan, yang disebarkan kepada dosen dan guru ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa CPL yang dirumuskan sangat valid, dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0,903. CPL ini telah memenuhi standar SN-DIKTI dalam aspek sikap dan keterampilan umum (0,933), sesuai dengan standar akreditasi ASIIN (0,933), mengacu pada kemampuan industri 4.0 (0,833), merumuskan keterampilan sesuai dengan KKNI (0,917), sejalan dengan visi dan misi Program Studi (0,883), dan mencerminkan profil lulusan yang diharapkan (0,917). Berdasarkan hasil ini, kurikulum MBKM dengan pendekatan OBE di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dapat dianggap relevan dan siap untuk diimplementasikan, namun masih membutuhkan beberapa penyesuaian dalam aspek literasi baru industri 4.0 dan visi program studi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Silvianti, D., & Prima, F. (2024). VALIDASI KURIKULUM MBKM DENGAN PENDEKATAN OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(4), 520-525. https://doi.org/10.24036/asce.v5i4.116683

References

Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44-50. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932
Banggur, M. D. V. (2020). Blended Learning: Solusi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 22-29.
Cahyawardani, P. D. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan Jurusan Informatika FTI UII. Automata, 1(1).
Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Kemendikbud,2020, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Jakarta: Kemdikbud. Diunduh 24 Maret2024, Https://Dikti.Kemdikbud.Go.Id/WpContent/Uploads/2020/10/Buku-Panduan-Penyusunan-Kurikulum-Pendidikan-Tinggi-Mbkm.Pdf.
Mesra, R., & Salem, V. E. (2023). Pengembangan Kurikulum.
Muzakir, M. I. (2023). Implementasi kurikulum outcome based education (Obe) dalam sistem pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1), 118-139.
Nurhayati,M.Pd., dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum. Lombok Tengah: Hamjah Diha Fondation
Rahmad, R. (2021, April). Rencana Perkuliahan Semester (RPS) Sebagai Wujud Pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sudaryono (2018). Metodologi penelitian. PT RajaGarafindo Persada, Depok.

Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Syarisma, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantu Aplikasi Appypie Pembelajaran Fluida di SMAN 3 Bontang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Alanudin Makasar.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.