PERANCANGAN GEDUNG TEACHING FACTORY SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS NEGERI PADANG DI TAROK CITY PADANG PARIAMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andra Apriyansyah
Revian Body

Abstract

Abstrak: Andra Apriyansyah, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan rancangan gedung teaching factory sekolah vokasi, Universitas Negeri Padang yang berlokasikan di Tarok City Kabupaten Padang Pariaman. Prosedur perancangan yang digunakan dalam perancangan ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu programing (pemrograman), planning (perencanaan) dan designing (desain). Dari tahapan tersebut dilakukan pendekatan analisa ruang, analisa perencanaan tapak, analisa struktur dan arsitektur, serta konsep utilitas, pada tahapan ini juga menganalisa bagaimana budaya dan adat yang berlaku di daerah sekitar. Dari pendekatan yang telah dianalisa kemudian menghasilkan rancangan bangunan berupa gambar dua dimensi yang didalamnya terdapat gambar denah, gambar potongan serta gambar tampak, dilanjutkan dengan gambar tiga dimensi yang dapat menggambarkan secara jelas bagaimana perancangan gedung tersebut, dan hasil akhir dari perancangan ini berupa video animasi.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Apriyansyah, A., & Body, R. (2024). PERANCANGAN GEDUNG TEACHING FACTORY SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS NEGERI PADANG DI TAROK CITY PADANG PARIAMAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(4), 513-519. https://doi.org/10.24036/asce.v5i4.116783

References

Azizah, A., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif.
Emda, A. (2017). Lantanida Journal, Vol. 5 No. 1, 2017. Journal Lantanida, 5(1), 83–92.
Gozali, G., Dardiri, A., & Soekopitojo, S. (2018). Penerapan Teaching Factory Jasa Boga untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JSHP ( Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan), 2(1), 46. https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.264
Hidayat, M. (2019). Tarok City Sebagai Kawasan Pendidikan Terpadu (Kpt) (Studi Analisis Kesiapan Masyarakat Nagari Dalam Pembangunan Kpt). Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 51. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.137
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Mar’ah Yusril Aulia, Tri Yuni Iswati, O. P. (2022). PENERAPAN KONSEP TEACHING FACTORY PADA PERANCANGAN AKADEMI TEKNOLOGI KULIT (ATK) MAGETAN. Hasanuddin Law Review, 1(2), 126–138. http://pasca.unhas.ac.id/ojs/index.php/halrev/article/view/90/63
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. 1–4.
Rukayah, S. (2020). Buku Ajar Pengantar Perancangan.
Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., & Windriya, A. (2019). Pemahaman Pendidikan Vokasi Di Jenjang Pendidikan Tinggi Bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(01), 23–26.
Thamrin, N. H., & Dhuhur, M. R. (2020). Penerapan Estetika Visual Arsitektur Moderen Pada Redesain Bangunan & Fasad Hotel Kota Tepian Di Samarinda. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, 6(2). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v6i2.19
Uuf Brajawidagda, Evaliata Br. Sembiring, F. N. (2019). MEWUJUDKAN TEACHING FACTORY: UPAYA DAN TEMUAN AWAL PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUKSI DI PROGRAM STUDI TEKNIK MULTIMEDIA DAN JARINGAN POLITEKNIK NEGERI BATAM.
Winangun, K. (2017). Pendidikan Vokasi Sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi. Taman Vokasi, 5(1), 72. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1493