EVALUASI PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Prakerin dengan segi CIPP (Context, Input, Process, dan Product) di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan pada bulan September-Desember 2024. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 Kepala Sekolah, 1 Wakil Kurikulum, 1 Ketua Jurusan, 6 orang Guru pembimbing, 8 orang Instruktur Industri, dan 30 orang peserta didik tahun Prakerin 2022/2023. Dengan menggunakan sampel jenuh yang berarti 100% populasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembaran angket yang sudah di uji coba. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Derajat Pencapaian (DP) menunjukkan bahwa dari empat indikator CIPP, untuk context dengan derajat pencapaian sebesar 76,68% dalam kategori cukup, input derajat pencapaian sebesar71,40% dalam kategori cukup, process dengan derajat pencapaian sebesar 64,68% dalam kategori kurang dan product dengan derajat pencapaian sebesar 70,55% dalam kategori cukup. Rata-rata sebesar 70,11% hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Praktek kerja industri (Prakerin) di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan menunjukkan dalam kategori cukup. Rekomendasi evaluasi program prakein di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan tetap dilanjutkan dalam catatan Perlu ada revolusi perubahan pola pikir pada peserta didik, prakerin adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dan mencari pengalaman sebagai persiapan memasuki dunia kerja.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Darmayanti, W., Supriatna, N., & Nurasiyah, S. (2021). Tanggapan Dunia Industri Terhadap Soft Skills Dan Hard Skills Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Dpib Smkn 2 Garut. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 85–99. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41890
Diana, A., & Sari, R. (2023). Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 157–166.
Fakhruddin, M. I. K. & M. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Model Kirkpatrick. CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(2), 42–46. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/CERMIN
Gangga, A. (2022). Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008
Pebiani, O., & Arbi, Y. (2021). Faktor Kesulitan Berbasis Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1…. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 252-258.
Soleh, A. A., Triyanto, T., Parno, P., Suharno, S., & Estriyanto, Y. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Model Kemitraan antara SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jiptek, 16(2), 126. https://doi.org/10.20961/jiptek.v16i2.72697