PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI MAHASISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING YANG EFEKTIF PADA MATA KULIAH SURVEY DAN PEMETAAN (STUDI KASUS: FIELDCAMP JILID IV)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian berbentuk rubrik analitik berbasis project based learning yang dimana memudahkan dosen dan asisten dosen untuk menilai mahasiswa terhadap praktek yang mereka alakukan khususnya dengan program tambahan berbentuk fieldcamp. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu; define, design, develop dan dissemination, tetapi penelitian ini hanya memakai tahap 3D yaitu define, design, develop . Teknik penambilan sampel yaitu memakai teknik totali sampling yang berarti 100% populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 15 orang ( 7 orang dosen dan 8 orang asisten dosen). Instrument yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran angket,produk yang sudah di uji validasi. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan Excel dengan rumus Aiken’s V hasil penilaian produk pengembangan rubrik penilaian dengan rekapitulasi hasil akhirnya sebesar 0.84 termasuk dalam kategori sangat baik dan valid.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Firmansyah, M. A., Gambar, P., Menggunakan, T., Pembelajaran, M., & Firmansyah, M. A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Menggunakan Metode Pembelajaran Team Based Learning Di Smk Negeri 1 Cikulur.
Kode, C., Tuturan, P., Irmarita, I., Studi, P., Bahasa, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Riau, U. I. (2019). Diajukan untuk melengkapi salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana pendidikan.
Siregar, L. U. V. (2019). Analisis Rubrik Penilaian Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Semester II SMK Yapim Siak Hulu Tahun Ajaran 2019-2020. Skripsi.
Suwarno, S., & Aeni, C. (2021). Pentingnya Rubrik Penilaian Dalam Pengukuran Kejujuran Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 161.