PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA II

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Harmansyah Harmansyah
Prima Zola

Abstract

Penelitian ini dasari oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II dan ketidakefektifan metode pengajaran yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) guna meningkatkan capaian akademik mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol nonequivalent, dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2023 pada semester ganjil tahun akademik 2024, sementara uji instrumen dilakukan pada 23 mahasiswa angkatan 2022. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan 26 soal pilihan ganda, lalu dianalisis menggunakan uji statistik Mann-Whitney U-test. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,001, lebih kecil dari α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya secara signifikan mempengaruhi peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Mekanika Rekayasa II

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Harmansyah, H., & Zola, P. (2024). PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA II. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(4), 628-631. https://doi.org/10.24036/asce.v5i4.117283

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik edisi revisi 2010. Rineka Cipta.
Fitrianto, M. A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR A pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Salam (Vol. 120, Número 1).
Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 242. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194
Rohmah, Z. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika melalui Model Tutor Sebaya dengan Pendekatan Saintifik sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas Inklusif. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 149. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8171
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Zuriah, N. (2009). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan. Bumi Aksara.