PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DENGAN HEYZINE PADA MATERI PERHITUNGAN VOLUME PEKERJAAN KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dina Mardhiyah Putri
Rizky Indra Utama

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan peserta didik dalam proses belajar rencana anggaran biaya, belum adanya variasi media pembelajaran flipbook, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi perhitungan volume pekerjaan konstruksi, dan metode pembelajaran yang digunakan belum mampu mengatasi kesulitan peserta didik pada kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, dikembangkan sebuah media pembelajaran elektronik berupa flipbook dengan bantuan website Heyzine pada materi perhitungan volume pekerjaan konstruksi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan suatu produk berupa media flipbook dengan Heyzine pada materi perhitungan volume konstruksi. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) dengan model pengembang 4D (define, design, development, and disseminate). Produk hasil penelitian kemudian diuji kevalidannya oleh 3 orang ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk di uji praktikalitasnya oleh 3 orang guru DPIB dan 17 orang peserta didik kelas XI DPIB. Data penelitian berupa skor yang diperoleh melalui instrumen angket, yang kemudian diolah dengan bantuan aplikasi Ms. Excel. Hasil akhir validasi ahli materi memperoleh nilai 0,8 dengan kategori “sangat valid” dan hasil akhir validasi ahli media memperoleh nilai 0,9 dengan kategori “sangat valid”. Hasil akhir praktikalitas guru memperoleh nilai 85% dengan kategori “sangat praktis” dan hasil akhir praktikalitas peserta didik memperoleh nilai sebesar 94% dengan kategori “sangat praktis”.  Dapat disimpulkan, bahwa media flipbook pada materi perhitungan volume pekerjaan konstruksi yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Koto XI.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, D., & Utama, R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DENGAN HEYZINE PADA MATERI PERHITUNGAN VOLUME PEKERJAAN KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(4), 598-603. https://doi.org/10.24036/asce.v5i4.117683

References

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings, educational and psychological measurument. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142.
Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Journal of Social Science Research, 4(1), 2568.
Dewi, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMA Negeri 1 Kotagajah. Institut Agama Islam Negeri Metro.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Lutfiah Sungkar, Riyan Arthur, A. (2023). Pengembangan E-Modul Konstruksi dan Utilitas Gedung Berbasis Proyek pada Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK. Pendidikan Teknik Bangunan, 3.
Nurrita, T. (2018). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Rahma Dayanti, Z., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5.
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202.
Sivasailam, & Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, M. I. S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Cana University.
Sugiyono. (2017). Metode Penelititan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). ALFABETA, cv.
Wijaya, G. R., Kuncoro, T., Ichwanto, M. A., & Malang, U. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan SMK Negeri 11 Malang. 9(2), 54–63.
Yanto, D. T. P., Candra, O., Dewi, C., Hastuti, H., & Zaswita, H. (2022). Electric drive training kit sebagai produk inovasi media pembelajaran praktikum mahasiswa pendidikan vokasi: Analisis uji praktikalitas. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 106–120. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19676