PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI VOLUME PEKERJAAN BETON KELAS XI DPIB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Risha Rosiananty Purba
Agri Americo Agamuddin

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan peserta didik yang kesulitan untuk menyelesaikan tugas secara mandiri karena mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi memerlukan pengetahuan dasar konsep operasi hitung matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk LKPD berbasis scaffolding yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengam model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Produk yang dikembangkan diuji kevalidannya oleh dosen ahli materi dan ahli materi, kemudian dilakukan revisi sesuai saran yang diberikan. Setelah dinyatakan valid, dilakukan uji coba produk di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil validasi produk dari ahli materi memperoleh nilai 0,86 dan validasi dari ahli materi memperoleh nilai 0,91 dengan kategori “sangat valid” pada keduanya. Hasil uji praktikalitas yang dilakukan pada guru memperoleh nilai 90% dan hasil uji praktikalitas peserta didik juga memperoleh nilai 90% dengan kategori “sangat praktis” pada keduanya. Hasil uji efektivitas diperoleh dari gain score sebesar 0,66 kategori “sedang”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis scaffolding yang dikembangkan sudah efektif dan layak untuk digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purba, R., & Agamuddin, A. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI VOLUME PEKERJAAN BETON KELAS XI DPIB. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(4), 526-532. https://doi.org/10.24036/asce.v5i4.117783

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 65.
Heri Retnawati. (2016). Analisis Kuantitatif Instrument Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Kusmaryono, I., Ubaidah, N., & Rusdiantoro, A. (2020). Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Matematika. Semarang: Unissula Pers.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rini, Y. S. (2012). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (17th ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.