IMPLEMENTASI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GIMKIT PADA ELEMEN PROSES BISNIS MENYELURUH BIDANG DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 4 PARIAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit terhadap hasil belajar siswa dan presepsi siswa kelas X DPIB SMK Negeri 4 Pariaman, serta pratikalitas media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit pada pelajaran K3LH. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Pada penelitian ini desain yang digunakan pre eksperimental design dengan jenis desain one group pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil belajar dari perhitungan uji Mann Whitney U-Test dan Paired Sample T Test diperoleh nilai Asymp.Sig < 0.05 atau 0.000 < 0.05 maka terdapat pengaruh sesudah diberikan media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit perlakuan yaitu Nilai rata rata siswa yang diperoleh pada tes awal pre test yaitu sebesar 61.15 dan tes akhir post test yaitu nilai rata rata 83.41. Pengaruh nilai presepsi didapatkan bahwa pengunaan media evaluasi pembelajaran dengan mode konvesional didapatkan 63,95 kategori baik yang berarti presepsi siswa dengan kategori baik sementara pengunaan media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit 84,50 ketegori sangat baik. Sedangkan pada uji pratikalitas siswa didapatkan data hasil rata-rata 86,91% dan guru sebesar 95,33%. sedangkan untuk pratikalitas didapatkan data hasil rata-rata 86,91 kategori sangat praktis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Devont, M., Harper, J., & Collins, R. (2007). Validitas isi dalam penelitian: Pendekatan dan implementasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 102-115.
Edward, S. (2021). Gimkit sebagai alat pembelajaran interaktif untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 45-52.
Ekayanti, A., & Syafdaningsih, R. (2023). Deskripsi dan validasi fenomena dalam penelitian pendidikan (hal. 112-120). Bandung, Indonesia: Pustaka Akademika.
Febiyani, S. (2023). Pengaruh media evaluasi berbasis Gimkit terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn: Studi kuasi terhadap siswa kelas 8 di SMP Kartika VIII-2 Bandung. Jurnal Pendidikan, 12(1), 1-15.
Kowsalya, M., & dkk. (2012). Validitas isi tes: Pendekatan sistematis dalam memeriksa item tes. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(3), 695-705.
Narasati, A., & Reksa, B. (2021). Evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman peserta didik (hal. 123-130). Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Cendekia.
Nurdin, M., & Djuhartono, S. (2021). Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dalam penelitian. Jurnal Statistika dan Pendidikan, 18(1), 25-34.
Robiah. (2019). Praktikalitas instrumen media pembelajaran: Evaluasi dan implementasi (hal. 45-50). Jakarta, Indonesia: Penerbit Pendidikan.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (edisi revisi, hal. 80). Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Syafuri, A. (2022). Inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), 45-58.