PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 1 KOTO XI TARUSAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah akan dihadapi dalam mata pelajaran Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan adalah bahwa pendekatan proses pembelajaran yang diimplementasikan oleh pendidik tidak optimal dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Untuk mengatasi hal ini, perlu penerapan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dan berkolaborasi selama proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XI DPIB di SMKN 1 Koto XI Tarusan, khususnya dalam konteks Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan populasi yang diteliti adalah siswa kelas XI di SMKN 1 Koto XI Tarusan yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025, khususnya kelas XI DPIB. Pengujian instrumen dilakukan di SMKN 1 Pariaman pada kelas XI DPIB 1 yang terdiri dari 20 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (Pretest dan Posttest) yang terdiri dari 50 soal objektif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan teknik Paired Sample T-Test (Uji T berpasangan). Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, menandakan bahwa hipotesis nol (Ho) disanggah dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat diinduksi bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) memberikan dampak yang signifikan dan konstruktif dalam pencapaian akademik peserta didik dalam Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Koto XI Tarusan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Kaharuddin, A., & Liasambu, L. (2019). Implementasi Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 29–37. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9750
Wicaksana, R. (2018). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf