PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BERDEFERNSI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA ELEMEN DASAR-DASAR KONTRUKSI DAN PERUMAHAN DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah yang akan dihadapi dalam Elemen Dasar-Dasar Konstruksi dan Perumahan adalah rendahnya hasil belajar peserta didik . hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik yang masih banyak dibawah KKM. Model pembelajaran Based Learning berbasis berdeferensiasi dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran ini mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dan berkolaborasi selama proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis berdeferensiasi khususnya pada Elemen Dasar-Dasar Konstruksi dan Perumahan. Jenis penelian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan populasi yang diteliti adalah siswa kelas X di SMK Negeri 2 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025, khususnya siswa kelas X TKP. Pengujian instrument dilakukan di SMK Negeri 1 pariaman pada kelas X TKP yang terdiri dari 16 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (Pretest dan Posttest) yang terdiri dari 40 soal objektif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan teknik paired sample T-Test (Uji T berpasangan). Hasil analisis menunjukkan nilai signifikn (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, menandakan bahwa hipotesis nol (Ho) disanggah dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat diinduksi bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbasis berdeferensiasi memberikan dampak yang signifikan dan konstruktif dalam pencapaian akademik peserta didik dalam Elemen Dasar-Dasar Konstruksi dan Perumahan kelas X TKP.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Saputri, H. A., Zulhijrah, Larasati, N. J., & Shaleh. (2023). Analisis Instrumen Assesmen : Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 2986–2995.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Tsani, T., Ermas, E., & Febriantono, A. R. (2018). Efisiensi Belanja Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dan Pengaruhnya Terhadap Pemenuhan Akses Pendidikan Menengah Di Indonesia. Jurnal Anggaran Dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI), 2(1), 23.