PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SISWA PADA ELEMEN DESAIN PEMODELAN BANGUNAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning berdampak pada peningkatan keterampilan siswa. Permasalahan ini terjadi karena siswa tidak menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru dan penerapan model pembelajaran yang belum berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan yang mencakup pretest dan posttest dengan evaluasi yang dilakukan menggunakan rubrik yang terlampir. Uji normalitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis dilakukan pada data untuk analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan mencapai 54,06, sementara itu nilai setelah perlakuan meningkat menjadi 81,71 dengan perbedaan 27,65. Sementara skor N-Gain mendapatkan nilai rata-rata 0,60 dan persentase N-Gain 60,07%. Hasil ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima setelah perhitungan paired sample t-test dengan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. Hasilnya menunjukkan bahwa keterampilan siswa pada elemen desain pemodelan bangunan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan telah meningkat secara signifikan dengan penerapan model pembelajaran project based learning.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Lena, M. S., Netriwati, & Aini, N. (2019). Metode Penelitian. In CV IRDH (Vol. 3, Issue 17).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sapril, H. (2012). Profesionalisme Pustakawan Oleh : H.Sapril (Pustakawan Muda IAIN-SU). 06(0), 36–39.
Shulkha, S. U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Tema 4 Subtema 1 Materi Hak Dan Kewajiban Kelas Iii Mi Darul Ulum Tanggel Blora Tahun 2022/2023.
Triani, D., & Arief, S. (2016). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, Dan Motivasi Memasuki Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 3(5), 18–23.
Umaeroh, A. E., & Arianto, F. (2023). Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas pada Materi Proses Pembuatan Video Pendek Mata Pelajaran Teknik Pengelolaan Audio Video Kelas XI DKV SMK Negeri 1 Jabon. Universitas Negeri Surabaya, 2(10), 1–23.