PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE MATERI GREEN BUILDING DAN SUSTAINABLE BUILDING TEKNIK KONSTRUKSI DAN BANGUNAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada materi Green Building dan Sustainable Building adalah media pembelajaran yang digunakan guru belum optimal dalam meningkatkan pemahaman siswa dan belum mampu mengatasi rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik, sehingga diperlukan media pembelajaran interaktif yang melibatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video interaktif berbasis Edpuzzle pada materi Green Building dan Sustainable Building yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas oleh ahli materi dan media serta angket praktikalitas oleh guru elemen dan siswa Teknik Konstruksi dan Bangunan serta hasil pretest-posttest untuk uji efektivitas. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi dari semua aspek diperoleh nilai Aiken 0,98 dengan kategori valid dan oleh ahli media dari semua aspek diperoleh nilai Aiken 0,89 dengan kategori valid. Penilaian oleh pendidik yaitu 98% dengan kategori sangat praktis, penilaian oleh peserta didik kelas X DPIB yaitu 83,07% dengan kategori praktis dan kelas XI DPIB yaitu 90,45% dengan kategori sangat praktis. Presentase katuntasan meningkat sebesar 55% di kelas X DPIB dan sebesar 36% di kelas XI DPIB. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Afifah, Diana Iffatul, et al. (2023). Penggunaan Media Edpuzzle Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa SMA. Journal on Teacher Education, pp. 339–47.
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Ikbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perencanaan media pembelajaran fisika berbasis android. Information Management For Education And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15-24.
Istiqomah, N., & Kusuma, A. B. (2019). Pembelajaran Blended Learning Matematika Di Era Generasi Alpha. Prosiding Sendika, 5(1), 595–600.
Supriyono. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Di SMK. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(1), 48-53.
Riduwan (2006). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Widyawati, I. (2024). : Pengembangan Media pembelajaran Berbasisi video Interaltif Edpuzzle pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University).