PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE MATERI GREEN BUILDING DAN SUSTAINABLE BUILDING TEKNIK KONSTRUKSI DAN BANGUNAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nazira Ilyka
Nurhasan Syah

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada materi Green Building dan Sustainable Building adalah media pembelajaran yang digunakan guru belum optimal dalam meningkatkan pemahaman siswa dan belum mampu mengatasi rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik, sehingga diperlukan media pembelajaran interaktif yang melibatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video interaktif berbasis Edpuzzle pada materi Green Building dan Sustainable Building yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas oleh ahli materi dan media serta angket praktikalitas oleh guru elemen dan siswa Teknik Konstruksi dan Bangunan serta hasil pretest-posttest untuk uji efektivitas. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi dari semua aspek diperoleh nilai Aiken 0,98 dengan kategori valid dan oleh ahli media dari semua aspek diperoleh nilai Aiken 0,89 dengan kategori valid. Penilaian oleh pendidik yaitu 98% dengan kategori sangat praktis, penilaian oleh peserta didik  kelas X DPIB yaitu 83,07% dengan kategori praktis dan kelas XI DPIB yaitu 90,45% dengan kategori sangat praktis. Presentase katuntasan meningkat sebesar 55% di kelas X DPIB dan sebesar 36% di kelas XI DPIB. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ilyka, N., & Syah, N. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE MATERI GREEN BUILDING DAN SUSTAINABLE BUILDING TEKNIK KONSTRUKSI DAN BANGUNAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(4), 565-573. https://doi.org/10.24036/asce.v5i4.118783

References

Aiken, L. R. (1985). Educational and Psychological Measurement, Pearson.
Afifah, Diana Iffatul, et al. (2023). Penggunaan Media Edpuzzle Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa SMA. Journal on Teacher Education, pp. 339–47.
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Ikbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perencanaan media pembelajaran fisika berbasis android. Information Management For Education And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15-24.
Istiqomah, N., & Kusuma, A. B. (2019). Pembelajaran Blended Learning Matematika Di Era Generasi Alpha. Prosiding Sendika, 5(1), 595–600.
Supriyono. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Di SMK. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(1), 48-53.
Riduwan (2006). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Widyawati, I. (2024). : Pengembangan Media pembelajaran Berbasisi video Interaltif Edpuzzle pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University).