PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA KULIAHESTIMASI BIAYA DAN PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pembuatan e-modul berbasis flipbook pada mata kuliah Estimasi Biaya dan Penjadwalan Proyek Konstruksi dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang masih konvensional dimana pemanfaatan teknologi pada bahan ajar masih kurang. Bahan ajar yang kurang menarik seringkali membuat proses perkuliahan menjadi bosan atau kurangnya partisipasi aktif saat perkuliahan. Ketika mahasiswa merasa pasif, mereka tidak hanya kehilangan minat tetapi juga berpotensi mengalami penurunan dalam pemahaman materi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-modul berbasis flipbook pada mata kuliah Estimasi Biaya dan Penjadwalan Proyek Konstruksi serta melihat kelayakan dan respon dari pengguna yaitu mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan produk e-modul berbasis flipbook pada mata kuliah Estimasi Biaya dan Penjadwalan Proyek Konstruksi dibuat melalui aplikasi Canva dan situs Heyzine Flipbook. Diperoleh nilai data validasi produk yaitu oleh ahli materi sebesar 87% dalam kategori “sangat valid” dan oleh validasi ahli media 86% dalam kategori “sangat valid” serta hasil uji praktikalitas e-modul yaitu 90% dalam kategori “sangat praktis”. Berdasrkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis flipbook pada mata kuliah Estimasi Biaya dan Penjadwalan Proyek Konstruksi valid dan sangat praktis digunakan dalam perkuliahan maupun pembelajaran mandiri.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Dewi Evi Sinta (2023) “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMA Negeri 1 Kota Gajah”.
Kurniawan, S. K., Rachman, A., & Indahwati, N. (2021). Pengembangan Permainan Bola Besar (Bolavoli) Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Putri. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1692
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Thiagarajan, Dorothy S., and dan Melvyn I. Semmel (1974: 5). Semmel. 2016. “BAB 3 Model Pengembangan 4-D (Four D).” Lumbung Pustaka UNY 1(1): 89.