FAKTOR KESULITAN BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG SISWA KELAS XI DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan apa saja yang menjadi faktor kesulitan belajar siswa di Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang digunakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan objek penelitian ataupun hasil penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan jumlah 30 orang siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling sehingga seluruh populasi penelitian juga menjadi sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui angket dengan Skala Likert atau kuesioner yang disebarkan kepada sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendapatkan persentase capaian indikator. Dari hasil analisis diperoleh nilai Derajat Pencapaian (DP) sebesar 70,12%. Ini berarti secara keseluruhan faktor kesulitan belajar yang dialami siswa ada dalam kategori sedang. Faktor bakat menjadi faktor kesulitan belajar tertinggi yang dialami siswa, yaitu sebesar 82,5%
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.