PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus: Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latarbelakang penelitian ini dari nilai belajar peserta didik pada elemen Desain Pemodelan Jalan serta Jembatan masih banyak yang dibawah KKM dikarenakan belum maksimalnya pemahaman peserta didik agar bisa memahami materi pengajaran. Penelitian ini bertujuan diketahui pengaruh model pengajaran Project Based Learning (PjBL) pada nilai belajar peserta didik kelas XI DPIB pada elemen Desain Pemodelan Jalan serta Jembatan, materi spesifikasi bahan perkerasan jalan di SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini penerapan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) lewat desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data agar bisa penelitian ini penerapan di tes nilai belajar peserta didik lewat pretest serta posttest yang dianalisis penerapandi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Menurut nilai penelitian pada perhitungan uji hipotesis penerapandi uji Independent Sample t-Test dibisakan thitung ttabel atau 6,414 2,01669 jadi Ho ditolak serta Ha diterima. Jadi bisa disimpulkan bahwasanya model pengajaran Project Based Learning (PjBL) diberikan pengaruh dalam peningkatan nilai belajar peserta didik padaelemen Desain Pemodelan Jalan serta Jembatan kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39–43.
Nadia, S. (2023). Pembuatan Slide Presentasi Berbasis Canva padaMata Pelpengajaran Konstruksi Jalan serta Jembatan di SMK Negeri 4 Pariaman. Fakultas Teknik.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif serta R & D. Bandung : Alfabeta.