PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK ELEMEN GAMBAR TEKNIK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Belum adanya penggunaan media pembelajaran berbasis modul elektronik dalam elemen gambar kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Pariaman, adalah permasalahan yang dijumpai dengan latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan modul elektronik yang valid dalam pembelajaran elemen gambar teknik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Research & Development (R & D) dengan model pengembangan DDD-E, yaitu tahap-tahap decide, design, develop, dan evaluate. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari 30 pertanyaan yang dibagikan kepada dosen dan guru ahli. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai uji validitas dengan aspek penilaian media dan materi secara keseluruhan yaitu 0,914 dan termasuk dalam kategori valid. Sedangkan hasil uji validitas aspek media adalah 0,934 dan termasuk dalam kategori valid, sedangkan hasil uji validitas aspek materi adalah 0,891 dan termasuk kedalam kategori valid. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu modul elektronik elemen gambar teknik yang dikembangkan valid untuk digunakan pada kegiatan belajar mengajar gambar teknik kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Pariaman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Aiken, L. R. (1985) "Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings." Educational and Psychologial Measurument. 45(1). Hlm. 131 - 142.
Daryanto, Daulay. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Mahesta, L. K. (2012). “Pengembangan Media Kamus Digital Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Berbasis Android di SMP-LB Karya Mulia Surabaya.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 1. Hlm. 1–7.
Nurrita, T. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat. 3. Hlm. 172.
Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar di SMK." VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. 7(1). Hlm. 48-53.
Rahmi, L. (2018). “Perancangan E-Module Perakitan dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK.” Jurnal TA’DIB (Nomor 2 Tahun 21). Hlm. 106.