PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK ELEMEN GAMBAR TEKNIK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Susi Ulandari
Fani Keprila Prima

Abstract

Belum adanya penggunaan media pembelajaran berbasis modul elektronik dalam elemen gambar kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Pariaman, adalah permasalahan yang dijumpai dengan latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan modul elektronik yang valid dalam pembelajaran elemen gambar teknik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Research & Development (R & D) dengan model pengembangan DDD-E, yaitu tahap-tahap decide, design, develop, dan evaluate. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari 30 pertanyaan yang dibagikan kepada dosen dan guru ahli. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai uji validitas dengan aspek penilaian media dan materi secara keseluruhan yaitu 0,914 dan termasuk dalam kategori valid. Sedangkan hasil uji validitas aspek media adalah 0,934 dan termasuk dalam kategori valid, sedangkan hasil uji validitas aspek materi adalah 0,891 dan termasuk kedalam kategori valid. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu modul elektronik elemen gambar teknik yang dikembangkan valid untuk digunakan pada kegiatan belajar mengajar gambar teknik kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Pariaman.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ulandari, S., & Prima, F. (2025). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK ELEMEN GAMBAR TEKNIK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(1), 1-6. https://doi.org/10.24036/asce.v6i1.120683

References

Abryandoko, E. W. (2020). Menggambar Teknik. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Aiken, L. R. (1985) "Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings." Educational and Psychologial Measurument. 45(1). Hlm. 131 - 142.

Daryanto, Daulay. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Mahesta, L. K. (2012). “Pengembangan Media Kamus Digital Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Berbasis Android di SMP-LB Karya Mulia Surabaya.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 1. Hlm. 1–7.

Nurrita, T. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat. 3. Hlm. 172.

Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). "Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar di SMK." VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. 7(1). Hlm. 48-53.

Rahmi, L. (2018). “Perancangan E-Module Perakitan dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK.” Jurnal TA’DIB (Nomor 2 Tahun 21). Hlm. 106.