SOSIALISASI DAN APLIKASI DESAIN GELATIK GUNA MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI DAERAH BLANK SPOT KABUPATEN SOLOK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Solok, berfokus pada pengembangan literasi siswa SDN 12 Koto Sani melalui inovasi "Gerobak Literasi Cantik" (GELATIK). Program ini bertujuan mengatasi rendahnya minat literasi dan keterbatasan fasilitas pendidikan, terutama di daerah yang mengalami kendala akses internet. Desain Gelatik yang ergonomis dan menarik berhasil menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan membaca. Survei menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek minat literasi siswa, dengan persentase kesenangan membaca (89,31%), frekuensi membaca (89,98%), kuantitas bacaan (89,35%), dan kesadaran manfaat bacaan (90,27%). Hasil ini menegaskan bahwa Gelatik berperan penting dalam memperkaya pengalaman literasi siswa di lingkungan sekolah dan berkontribusi dalam menciptakan SDM yang lebih unggul dan berkarakter.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
[2] KHAKIMA, Lilis Nurul; MARLINA, Leni; ZAHRA, Siti Fatimah Az. Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. In: Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI. 2021. p. 775-792.
[3] Kemendikbudristek. Data Pokok Pendidikan. Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2023.
[4] SULIYANTI, Suliyanti, et al. Implementasi Program Literasi Berbasis Tri N Di SD Negeri Panggang Tanjungsari. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2023, 9.2: 151-164.
[5] Ali, Nur Berlian, et.al. Evaluasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, 2018.
[6] Situmorang, Riduan. Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Kemendikbudristek, 2022.
[7] Direktorat Sekolah Dasar. Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar. Kemendikbudristek, 2021.