PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PELAKSANAAN KULIAH BERBASIS DARING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdul Hafiz Khairy
Prima Yane Putri

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan memberi gambaran persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan terhadap Pelaksanaan Kuliah Berbasis Daring pada Mata Kuliah Praktik di Workshop Teknik Sipil UNP semester Janiari-Juni 2020. Latar belakang penelitian ini berawal dari mahasiswa yang merasakan kendala dalam melaksanakan perkuliahan daring, yang awalnya dari perkuliahan tatap muka menjadi perkuliahan daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan pada mata kuliah praktik di workshop teknik sipil UNP pada semester Januari-Juni 2020 yaitu berjumlah 94 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 94 orang yang diambil dari seluruh data populasi (total sampling). Data penelitian dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada mahasiswa prodi PTB yang terpilih menjadi sampel menggunakan skala likert. Dari hasil analisis data dan pembahasan penelitian maka dapat dilihat bahwa persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan terhadap pelaksanaan kuliah berbasis daring pada mata kuliah praktik tergolong dalam kategori baik. Hal ini dinyatakan dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan dari indikator Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tentang Perkuliahan Daring mendapatkan hasil persentase sebesar 70,2%, dalam kategori baik dan dari indikator Proses Pelaksanaan Kuliah Daring mendapatkan hasil persentase sebesar 80,8% dalam kategori sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Khairy, A., & Putri, P. (2021). PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PELAKSANAAN KULIAH BERBASIS DARING. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 124-133. https://doi.org/10.24036/asce.v2i1.121566

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marti, N. W., Aryanto, K. E., & Setamen, K. (2016). Sistem Pembimbingan Dalam Jaringan (Daring) Proses Penyusunan Skripsi Dan Tugas Akhir Mahasiswa Di Universitas Pendidikan Ganesha. Seminar Nasional APTIKOM, 208.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2) 151-160.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1) 37-45.