PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DPIB DI SMK DHUAFA PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Habi Rizaldi
Revian Body

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB pada elemen Gambar Konstruksi Utilitas Gedung dan Sistem Plumbing yang disebabkan karena kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, peserta didik hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga proses pembelajaran tidak efektif dikarenakan peserta didik merasa bosan dan lebih tertarik untuk bermain serta mengobrol di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB pada elemen Gambar Konstruksi Utilitas Gedung dan Sistem Plumbing di SMK Dhuafa Padang. Jenis penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian Nonequivalent (pretest-posttest) control group design. Pengujian Instrumen peneltian dilakukan kelas XI DPIB SMKN 1 Tiltang Kamang dengan jumlah peserta didik 14 orang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan di SMK DHuafa Padang dengan jumlah peserta didik 30 orang, 15 peserta didik kelas kontrol dan 15 peserta didik kelas Eksperimen. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar sebanyak 12 soal pilihan ganda yang teridiri dari pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan membandingkan antara thitung dan ttabel menggunakan menggunakan uji-t yaitu Independent Sample T-test. Dari hasil perhitungan T-test didapatkan thitung > ttabel atau 2.367 > 2,048 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning mempengaruhi hasil belajar Konstruksi Utilitas Gedung di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rizaldi, H., & Body, R. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DPIB DI SMK DHUAFA PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(1), 7-13. https://doi.org/10.24036/asce.v6i1.121083

References

ALl Halkim, R., Mustikal, I., & Yulialni, W. (2021). Valliditals Daln Relialbilitals ALngket Motivalsi Berprestalsi. FOKUS (Kaljialn Bimbingaln & Konseling Dallalm Pendidikaln), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249.
Ballalkal, M. Y. (2022). Metode penelitialn Kualntitaltif. Metodologi Penelitialn Pendidikaln Kuallitaltif, 1, 130.
Djollong, AL. F. (2014). Teknik Pelalksalnalaln Penelitialn Kualntitaltif (Technique of Qualntitaltive Resealrch). Istiqral’, 2(1), 86–100.
Falrdhalnal, D. AL., & Estidalrsalni, N. (2020). PENERALPALN PEMBELALJALRALN PROBLEM BALSED LEALRNING ( PBL ) DENGALN MODUL PALDAL MALTAL PELALJALRALN KONSTRUKSI BALNGUNALN GEDUNG PALDAL MALTERI MENGGALMBALR UTILITALS BALNGUNALN GEDUNG DI KELALS XI Nalnik Estidalrsalni ALbstralk. Jurnall Kaljialn Pendidikaln Teknik Balngunaln, 6(1), 1–8.
Hibaltullalh, AL., Saltoto, D., & Nalyono, E. (2021). Pengembalngaln Modul Menggalmbalr Isometri Installalsi ALir Bersih Daln ALir Kotor Rumalh 2 Lalntali Malpel Konstruksi Daln Utilitals Gedung Kelals Xii Progralm Studi Dpib Di Smk Muhalmmaldiyalh 3 Yogyalkalrtal. Jpts, 3(2), 181–191.
Hibaltullalh, G., Teknik, F., Paldalng, U. N., Teknik, F., Paldalng, U. N., Belaljalr, H., & Gedung, K. U. (2023). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Cooperaltive Type Tps Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Pesertal Didik Paldal Maltal. 4, 185–190.
Julialn, AL., & Gusmalretal, Y. (2023). Peneralpaln Model Pembelaljalraln Kooperaltif Tipe Stald Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Pesertal Didik Paldal Maltal Pembelaljalraln Ebk. Jurnall ALpplied Science In Civil Engineering, 4(3), 185–190. https://semnals.upstegall.alc.id/index.php/semnalsppg/alrticle/downloald/725/424
Lumbalnraljal, L. H., & Dalulaly, S. (2018). ALnallisis Tingkalt Kesukalraln Daln Dalyal Pembedal Paldal Butir Tes Soall Ujialn Tengalh Semester Balhalsal Indonesial Kelals Xii Smal Negeri 7 Medaln Talhun Pembelaljalraln 2016/2017. Kode: Jurnall Balhalsal, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.24114/kjb.v6i1.10814
Nildal, jalnnal miftalhul. (2021). Valrialbel daln skallal pengukuraln staltistik. Jurnall Pengukuraln Staltistik, 1(1), 1–8.
Rumialti, R., ALyuni, R. P., Wulalndalri, R., Salputri, S. D., & Monical, T. (2024). Halmbaltaln daln Talntalngaln dallalm Peneralpaln Kurikulum Merdekal terhaldalp Proses Pembelaljalraln di SDN 1 Yogyalkalrtal. Jurnall Pendidikaln Guru Sekolalh Dalsalr, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.272
Rusdialnti. (2024). PENGALRUH PENERALPALN MODEL PEMBELALJALRALN DISCOVERY LEALRNING METODE DEBALT TERHALDALP KEMALMPUALN CRITICALL THINKING DALLALM PEMBELALJALRALN SOSIOLOGI DI SMAL 12 PALDALNG.
Setialwalti, L., & Sudiral, P. (2015). Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Prestalsi Belaljalr Pralktik Kejurualn Siswal Smk Progralm Studi Kealhlialn Teknik Komputer Daln Informaltikal. Jurnall Pendidikaln Vokalsi, 5(3), 325. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6487
Suryal, AL. S. P., & Rizall, F. (2019). Hubungaln Kemalmpualn Teknologi Informalsi Komunikalsi (TIK) terhaldalp Halsil Belaljalr Menggalmbalr dengaln Peralngkalt Lunalk (MDPL) Siswal Kelals XI Jurusaln Teknik Desalin Pemodelaln daln Informalsi Balngunaln (TDPIB) di SMK Negeri 1 Sumalteral Balralt. Journall of Civil Engineering alnd Vocaltionall Educaltion, 6(1), 1–5. http://ejournall.unp.alc.id/index.php/cived/alrticle/view/104941
Syalfei, M., & Silallalhi, J. (2019). Pengalruh Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Paldal Maltal Pelaljalraln Mekalnikal Teknik Kelals X Desalin Pemodelaln Daln Informalsi Balngunaln Smk Negeri 1 Palrialmaln. CIVED: Journall of Civil Engineering alnd Vocaltionall Educaltion, 5(4), 1–6. http://ejournall.unp.alc.id/index.php/cived/alrticle/view/102483