PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG KULIAH TERPADU SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS NEGERI PADANG DI TAROK CITY PADANG PARIAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang gedung kuliah terpadu untuk Sekolah Vokasi Universitas Negeri Padang yang berlokasi di Tarok City, Kabupaten Padang Pariaman. Perancangan ini menggunakan dua metode analisis, yaitu analisis makro dan mikro. Analisis makro melibatkan evaluasi terhadap aspek lokasi seperti aksesibilitas, tingkat kebisingan, dan tata letak bangunan. Sementara itu, analisis mikro berfokus pada evaluasi mendetail terkait bentuk, karakter, dan struktur bangunan. Tahapan perancangan meliputi analisis ruang, perencanaan tapak, analisis struktur dan arsitektur, serta konsep utilitas. Pada tahap ini juga dilakukan analisis terhadap budaya dan adat yang berlaku di sekitar lokasi. Hasil dari pendekatan ini berupa rancangan bangunan dalam bentuk gambar dua dimensi, meliputi denah, potongan, dan tampak. Selanjutnya, dibuat gambar tiga dimensi untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai desain bangunan. Sebagai hasil akhir, rancangan ini juga dilengkapi dengan video animasi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Azizah, A., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Naratif.
Billet S.,(2009), Changing Work, Work Practice: The Consequences for Vocational Education; in Rupert Maclean, David Wilson, Chris Chinien; International Handbook of Education for the Changing World of Work, Bridging Academic and Vocational Learning: Germany
Nofriadi, S. (2013). Perencanaan dan Perancangan Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Padang. CIVED, 1(3).
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. 1–4.
Rainsyah, Muhammad Zaki, Rangga Vania Abqari, Moh. Hisyam Alwafy, Mohammad Bakcrul Syafa’at, Denny Oktavina Radianto. 2024. “Pentingnya Pendidikan Vokasi Dalam Mengembangkan Ilmu Bisnis Maritim Di Indonesia.” Journal of Creative Student Research (JCSR) 2(2):2963–5942.
Sukoco, Johan Bhimo, Nurul Imani Kurniawati, Riandhita Eri Werdani, and Anafil Windriya. 2019. “Pemahaman Pendidikan Vokasi Di Jenjang Pendidikan Tinggi Bagi Masyarakat.” Jurnal Pengabdian Vokasi 01(01):23–26.
Winangun, Kuntang. 2017. “Pendidikan Vokasi Sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi.” Taman Vokasi 5(1):72. doi: 10.30738/jtvok.v5i1.1493.