PENGEMBANGAN APLIKASI SLIDO PADA ELEMEN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG DI SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lidya Yusandi Harahap
Yuwalitas Gusmareta

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam pendidikan vokasi menjadi kebutuhan untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan tuntutan industri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji validitas serta efektivitas aplikasi Slido sebagai media pembelajaran interaktif pada Elemen Konstruksi dan Utilitas Gedung. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan dengan sampel 21 siswa kelas XI DPIB 2. Hasil validasi dari ahli materi, media, dan praktisi menunjukkan rata-rata skor 4,3 pada skala Likert, yang termasuk dalam kategori "sangat layak". Implementasi Slido dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, motivasi belajar, dan keterlibatan siswa dalam diskusi mencapai 100%. Fitur-fitur interaktif seperti polling, Q&A, dan kuis terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan kolaboratif.


 


Kata Kunci : Aplikasi Slido, Media Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Vokasi, Konstruksi Dan Utilitas Gedung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Harahap, L., & Gusmareta, Y. (2025). PENGEMBANGAN APLIKASI SLIDO PADA ELEMEN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG DI SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(2), 58-64. https://doi.org/10.24036/asce.v6i2.123283

References

Afia, Zuni. (2022). "Silabus Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI DPIB".

Badryantoni. (2023). "Penerapan Strategi Examples Non Examples untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas XI di SMK Syuhada Banjarmasin". Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1).

Budiman, Eka Diniyati. (2023). "Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Menggunakan Model Problem Base Learning (PBL) berbasis TPACK dengan Media Crossword Puzzle pada Materi Pengukuran di SMA Negeri 2 Kotabaru".

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edwards, Luke. (2021). "What is Slido for Education? Best Tips and Tricks".

Firdiana, Wanti. (2020). "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Moodle di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 29 Jakarta". Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ha, J. (2018). "Using Mobile-Based Slido for Effective Management of a University English Reading Class". Multimedia-Assisted Language Learning, 21(4).

Isabella Reader. "Slido".

Mulyatiningsih, E. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muthmainnah, N. (2019). "An Effort to Improve Students’ Activeness at Structure Class Using Slido App". JEES (Journal of English Educators Society), 4(1).

Neyla, Annisa Nadia. (2022). "Sekolah Dibatasi karena Pandemi, Mahasiswi KKN Undip Bantu Kenalkan Teknologi kepada Pengajar di Peterongan agar Belajar-Mengajar Tetap Aktif".

Ningsih, F. (2023). "Uncovering Students' Perceptions of Slido: An Innovative Engagement with Real-Time Interactive Technology in ESP". Issues in Applied Linguistics & Language Teaching, 05(01), 7-17.

Nuranti, E. et al. (2023). "Pelatihan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi SLIDO di SMAN 5 Parepare". Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(5).

Oliver, Andre. (2021). "Ingin Meeting dan Diskusi Lebih Interaktif? Yuk, Mulai Manfaatkan Slido!".

Pratiwi, Winda Erwin. (2013). "Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Menggunakan Media Gambar di SD N Banyuraden Gamping Tahun Ajaran 2012/2013".

Salsabila, J. et al. (2022). "Pengaruh Integrasi Soft Skills Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung". VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 4(1).

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

SRIAGUNGGB. (2023). "Media Pembelajaran Interaktif: Revolusi Pendidikan Abad ke-21"..

Stojaković, D. (2022). “Modern Learning Improvements Supported by IT Solutions – Slido Case Study for Better Engagement”. Annals of Spiru Haret University. Economic Series, 22(2).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triaghosa, E. et al. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Berbasis Animasi Power Point Materi Instalasi Listrik”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(2).

Wahab, M., & Rosnawati. (2021). Strategi Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuningsih, Endang Sri. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar. Sleman: CV Budi Utama.

Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zulfa, N., et al. (2020). “Schoology and Slido: The Perfect Platform Combination for Distance Learning During the Covid-19 Pandemic.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 45-60.