PEMBUATAN NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SMKN 1 PARIAMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dinda Gusmariza Putri
Fani Keprila Prima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis nearpod sebagai pelengkap dari media pembelajaran yang telah ada pada elemen gambar teknik di SMKN 1 Pariaman. Latar belakang penelitian ini mencakup terbatasnya penggunaan media interaktif berbasis teknologi, rendahnya keterlibatan siswa, serta asesmen yang masih dilakukan secara konvensional. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model DDDE (Decide, Design, Develop, Evaluate). Instrumen penelitian meliputi angket validasi, angket kepraktisan, soal pretest dan posttest untuk aspek kognitif, serta rubrik penilaian keterampilan untuk aspek psikomotor. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Nearpod sangat valid, dengan skor Aiken’s V sebesar 0.86 < 0.96 oleh ahli materi dan media. Kepraktisan media memperoleh persentase sebesar 95% dari guru dan 91% dari siswa. Efektivitas pembelajaran dianalisis menggunakan uji-t dan perhitungan N-Gain, yang menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kognitif siswa di kelas eksperimen 77% dibandingkan kelas kontrol 64%. Penilaian aspek psikomotorik melalui rubrik keterampilan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa kelas eksperimen dalam menggambar teknik secara manual dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Nearpod. Dapat disimpulkan, bahwa Nearpod terbukti valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran tambahan yang mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa pada elemen gambar teknik, serta menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan adaptif di era digital

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Gusmariza Putri, D., & Prima, F. (2025). PEMBUATAN NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SMKN 1 PARIAMAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(2), 203-211. https://doi.org/10.24036/asce.v6i2.123683

References

Alawiyah. I.A & Ahmadi.F. (2024). pengembangan multimedia interaktif berbasis nearpod pada topic keberagaman budaya Indonesia untuk siswa kelas 4 sd. Junal of integrated elementary education, jil 4, no 2.
Alicia, H., Faradisah, T., & Muhtarisatul, Z. (2021). Efektivitas penggunaan nearpod terhadap peningkatan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah termodinamika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 4(2): 63-71.
Aryani, P. I., Patmawati, H., & Santika, S. (2023). Penerapan Nearpod Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2966-2976.
Az-Zahra, N. F., & Panduwinata, L. F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis nearpod pada materi komunikasi efektif kehumasan di SMKN 4 Surabaya. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1376-1383.
Bogveradze, D., & Mardaleishvili, T.(2021). Digital assessment tools Plickers /Socrative/ Nearpod/ Seesaw. 11 th International Researce Conference On Education, Language and Literatur: Online.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores.” American Educational Research Assciation’s Division D, Measurement and Research Mhetodology. 1. 1-4. Tersedia pada http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange~Gain.pdf. Diakses pada tanggal 8 April 2019.
Ningsih, K., Panjaitan, R. G. P., & Pinawadhani, R. K. (2023). Kelayakan Media Interaktif Berbasis Nearpod pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI SMA. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1980-1994.
Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis media nearpod dalam mata kuliah bahasa Indonesia. Pena Literasi, 4(2), 80-91.
Nurmasita, Islami, M. & Fauzan, A. (2022). Penerapan pembelajaran aplikasi nearpod pada mata pelajaran PPKN di MTsN Mataram. Manazhim: Jurnal manajemen dan ilmu pendidikan, 4(2): 308-318.
Pangestu, MA, Hermita, N., & Fendrik, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Nearpod Pada Materi Planet-Planet Di Tata Surya Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan , 7 (1), 40-66.
Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media interaktif Nearpod guna meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379-385.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Parama Publishing.